728 x 90

BAZNAS Bantu Bencana Kemanusiaan di Asmat Papua

BAZNAS Bantu Bencana Kemanusiaan di Asmat Papua

Bencana kemanusiaan masih  terjadi di Asmat, Papua. Kelaparan, kesehatan dan gizi buruk yang sampai menewaskan 67 anak. Kondisi itu, ternyata tidak hanya menyita perhatian nasional bahkan masyarakat internasional. Untuk itu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah bergerak cepat dengan mendirikan Crisis Center untuk merespon berbagai keluhan yang terjadi pada masyarakat Asmat, Papua. “Saya kira krisis

Bencana kemanusiaan masih  terjadi di Asmat, Papua. Kelaparan, kesehatan dan gizi buruk yang sampai menewaskan 67 anak. Kondisi itu, ternyata tidak hanya menyita perhatian nasional bahkan masyarakat internasional.

Untuk itu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah bergerak cepat dengan mendirikan Crisis Center untuk merespon berbagai keluhan yang terjadi pada masyarakat Asmat, Papua.

“Saya kira krisis yang menimpa masyarakat Asmat merupakan krisis multidimensi, bukan hanya soal kesehatan tetapi mencakup krisis pangan, krisis kepemimpinan, hingga krisis infrastruktur,” ujar Deputi Baznas, Arifin Purwakananta di Jakarta.

Dikatakannya, untuk itu Baznas  merancang program yang simultan dalam merespon bencana kemanusiaan di Asmat, dimana Baznas telah mengembangkan empat program dalam Crisis Center Baznas ini.

Adapun keempat program itu adalah : pertama, dalam bidang kesehatan. Baznas telah membuat Tim Rescue Kesehatan untuk datang ke pelosok desa yang belum melakukan imunisasi dan kekurangan gizi.

“Baznas akan mengirim tim yang tidak hanya bisa bekerja satu atau dua hari lalu pulang, tetapi kami menempatkan Asmat menjadi bagian dalam wilayah binaan Baznas. Kami berharap dapat melakukan kegiatan yang optimal di wilayah tersebut,” kata Arifin Purwakananta.

Program kedua, Baznas juga ingin membantu mendorong adanya kader kesehatan yang dapat melayani masyarakat Asmat untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, dimulai dari para toloh masyarakat di Asmat yang ke depannya juga bisa memberikan pemahaman pentingnya kesehatan  masyarakat.

Untuk itu Baznas telah mendorong bantuan pangan dengan membantu secara cepat berbagai kebutuhan pangan. Kemudian untuk jangka panjangnya, Baznas ingin mendorong lahirnya lumbung pangan di Asmat. Lumbung ini akan menjadi _buffer stock_ atau persediaan cadangan pangan, sehingga ketika terjadi krisis pangan seperti ini, tidak akan lagi terjadi kejadian yang serupa seperti sekarang ini.

Terakhir, BAZNAS juga telah mengembangkan program tambahan. Program-program ini menjadi penguatan dari sisi lain seperti sisi pendidikan, ekonomi dan advokasi sehingga dapat memperkuat pertahanan masyarakat Asmat Papua pada masa yang akan datang. (Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos