728 x 90

Hindari Kerumitan Mencerna, Balai Bahasa Jabar Gelar Festival Musikalisasi Puisi

Hindari Kerumitan Mencerna, Balai Bahasa Jabar Gelar Festival Musikalisasi Puisi
Kepala Balai Bahasa Jabar Sutejo Berfoto dengan Sang Juara SMAN 1 Garut

Bandung, djakartatoday.com-Festival Musikalisasi puisi mendorong masyarakat menikmati puisi secara gembira,  namun tetap penuh penghayatan. Demikian disampaikan Kepala Balai Bahasa Jabar Sutejo usai pengumuman pemenang Festival musikalisasi puisi antar SLTA se-Jabar 2018, Rabu (26/9/2018). Sutejo menilai selama ini menikmati puisi kerapkali  sulit untuk mencerna isi dan maksudnya,  namun dengan bantuan berbagai alat musik,  seperti angklung,  saron

Bandung, djakartatoday.com-Festival Musikalisasi puisi mendorong masyarakat menikmati puisi secara gembira,  namun tetap penuh penghayatan.

Juara Pertama Diraih SMAN 1 Garut

Demikian disampaikan Kepala Balai Bahasa Jabar Sutejo usai pengumuman pemenang Festival musikalisasi puisi antar SLTA se-Jabar 2018, Rabu (26/9/2018).

Sutejo menilai selama ini menikmati puisi kerapkali  sulit untuk mencerna isi dan maksudnya,  namun dengan bantuan berbagai alat musik,  seperti angklung,  saron dan seksopon,  maka akan lebih menarik minat dan perhatian.

Para Pemenang Festival Musikalisasi Puisi

“Kalau dulu itu alat musik yang mengiringi puisi hanya sebatas gitar atau biola,  namun saat ini lebih komplit, ” tandas Sutejo.

Sutejo mengingatkan pihaknya segera menggelar konser musikalisasi puisi,  sehingga lebih dapat dinikmati dan sekaligus mengundang minat banyak orang.

“Terpenting bagi kita adalah literasi saat ini tidak hanya sebatas nulis dan baca,  namun juga puisi, ” tandasnya.

Selain itu pemenang, yaitu SMAN 1 Garut akan mewakili Jabar pada Festival Musikalisasi Puisi Nasional di Jakarta.

Sementara itu Ketua panitia pelaksana Syarif Hidayat menilai tahun ini mengalami kenaikan jumlah pendaftar,  jika tahun sebelumnya hanya 28 sekolah yang mendaftar dengan mengirimkan video musikalisasi puisi,  maka tahun ini berlipat menjadi 57 sekolah.

Syarif Hidayat Ketua Panitia Pelaksana

“Peserta yang mendaftar dengan mengirimkan video datang dari Ciamis,  Cianjur dan 13 kota dan Kabupaten se-Jabar dan kita saring menjadi 25 peserta,”  ujarnya.

Para peserta membawakan puisi wajib diantaranya berjudul tanah kelahiran dan puisi pilihan diantaranya bangku sekolah karya Ismail Kusmayadi,  Kabut Senja karya Soni Farid Maulana, Di Beranda Sajakmu karya  Bode Riswadi,  Kuabadikan karya  Ratna Atu Budiarti dan KotabKelagiran karya Saini KM.

“Juara pertama diraih SMA N 1 Garut otomatis menjadi wakil Jabar di ajang tingkat Nasional 26-29 Oktober 2018 di hotel Mercure Ancol Jakarta berdekatan dengan bulan bahasa, ” tegasnya.

Juara pertama mendapatkan piagam,  piala dan uang pembinaan sebesar 10 juta rupiah,  disusul juara kedua SMA Negeri 1 Lembang,  uang pembinaan 8,5 juta rupiah,  juara ke 3 SMAN 1 Ciamis 7,5 juta,  juara harapan 1 SMAN 1 Ngamprah dan juara haparan 2 SMAN 9 Bandung dengan uang pembinaan masing-masing 6 juta dan 5 juta.

Dudy

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos