728 x 90

384 Meninggal, Gempa Tsunami Palu Donggala, ACT Segera Bergerak

384 Meninggal,  Gempa Tsunami Palu Donggala, ACT Segera Bergerak

PALU,djakartatoday.com –Kabar duka dari Kota Palu terus berdatangan. Sampai siang tadi, Sabtu (29/9) pukul 13.00 WIB, data terbaru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan sudah ada 384 orang meninggal dunia akibat gempa bumi dan tsunami yang menerjang Kota Palu, Sulawesi Tengah. Selain angka korban meninggal, juga terdapat 540 orang mengalami luka berat. Para korban

PALU,djakartatoday.com –Kabar duka dari Kota Palu terus berdatangan.

Sampai siang tadi, Sabtu (29/9) pukul 13.00 WIB, data terbaru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan sudah ada 384 orang meninggal dunia akibat gempa bumi dan tsunami yang menerjang Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Selain angka korban meninggal, juga terdapat 540 orang mengalami luka berat. Para korban luka berada di RS Woodward Palu, RS Budi Agung Palu, RS Samaritan Palu, RSUD Undata Mamboro Palu, dan RS Wirabuana.

“Data sementara per tanggal 29 September pukul 13.00 WIB, total meninggal dunia 384 orang. Tapi itu data hanya di Kota Palu saja, data Donggala belum kami terima,” ujar Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (29/9).

Data tersebut merupakan hasil penghitungan korban terkini yang dirilis oleh BNPB setelah melewati beberapa kali pemutakhiran.  Sebelumnya, Sabtu (29/9) pukul 10.00 WIB disebutkan 48 orang meninggal dunia dan 356 orang luka-luka akibat gempa dan tsunami yang menerjang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Donggala belum terhubung

Sabtu (29/9) siang tadi, Sutopo menuturkan jumlah korban kemungkinan akan terus bertambah. Hal ini dikarenakan evakuasi masih terus dilakukan, khususnya evakuasi dan pendataan korban meninggal dunia di wilayah Donggala.

Terlebih, dari ratusan jumlah jenazah yang telah dicari dan dibawa ke ruang jenazah di berbagai rumah sakit, belum seluruhnya berhasil teridentifikasi. Tim Disaster Victim Identification(DVI) Polri menyebutkan, saat ini baru separuh dari jumlah korban meninggal yang berhasil dikenali.

“Diperkirakan jumlah korban akan terus bertambah karena proses pencarian masih terus dilakukan,” ungkap Sutopo.

Sementara itu, karena luasan wilayah, akses komunikasi yang belum pulih, dan kondisi akses jalur yang terputus, jumlah data terkini korban meninggal dunia dari wilayah Donggala belum bisa terdata. Sutopo mengatakan, jalan amblas dan tanah longsor di sebagian besar akses utama menuju Donggala.

Sebelumnya, Jumat (28/9) malam kemarin, Muhammad Fajar salah satu warga Kecamatan Tatanga, Kota Palu menggambarkan kepada tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui telepon, bagaimana mencekamnya Kota Palu beberapa jam pascagempa besar.

 “Tsunami juga di Pesisir Donggala. Katanya ada kapal juga yang sampai terseret (tsunami) ke jalan raya di daerah Donggala,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Hingga laporan ini diturunkan, Tim Emergency Response Aksi Cepat Tanggap (ACT) masih dalam perjalanan untuk mencapai Kota Palu dan Donggala. Sabtu (29/9) petang tadi, Nimas Afridha salah satu personel ACTNewsmelaporkan tengah berada di jalur Trans Sulawesi di daerah Parigi Moutong.

“Ada kabar jalur di depan longsor dan terputus karena jalan amblas.

Hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor. Kami akan mencoba berbagai cara untuk menembus Donggala Sabtu malam ini. Mohon doanya,” ujarnya.

Sementara itu, Sabtu (29/9) malam kabar juga datang dari Tim ACT Sulawesi Selatan. Mustafa dari ACT Sulawesi Selatan mengabarkan, manifes penumpang untuk diangkut menggunakan pesawat Hercules TNI AU sudah didapat, artinya Tim ACT Sulsel akan segera diterbangkan menuju Bandara Mutiara SIS Al Jufri di Palu.

“Paling lambat esok Ahad (30/9) pagi Tim ACT Sulsel terbang langsung ke Palu. Walaupun Bandara Palu mengalami kerusakan cukup parah di landasan pacunya, namun pesawat Hercules masih bisa mendarat. Penggunaannya masih terbatas hanya untuk penerbangan darurat,” ujar Mustafa.

Dudy

Sumber Actnews

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos