728 x 90

Kekosongan Sekda,  DPRD Kota Bandung Desak Sekdakot Bandung Segera Dilantik

Kekosongan Sekda,  DPRD Kota Bandung Desak Sekdakot Bandung Segera Dilantik
Ketua komisi D DPRD Kota Bandung Ahmad Nugraha(foto : Suarametroindonesia)

Bandung,  Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Ahmad Nugraha menilai,  ada nilai kepatuhan yang harus diikuti Walikota Bandung,  Karena Pelaksana Sekda yang selama ini menjabat Benny Bachtiar sudah mendapatkan persetujuan dari Menteri Dalam Negeri dan Menpan RB. Hal itu dikatakannya, Kamis (4/10/2018) terkait Sekda definitif (tetap) Pemkot Bandung belum dilantik,  sementara masa tugas Pejabat sementara

Bandung,  Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Ahmad Nugraha menilai,  ada nilai kepatuhan yang harus diikuti Walikota Bandung,  Karena Pelaksana Sekda yang selama ini menjabat Benny Bachtiar sudah mendapatkan persetujuan dari Menteri Dalam Negeri dan Menpan RB.

Hal itu dikatakannya, Kamis (4/10/2018) terkait Sekda definitif (tetap) Pemkot Bandung belum dilantik,  sementara masa tugas Pejabat sementara (Pjs) Sekda Kota Bandung Dadang Supriatna berakhir 2 Oktober 2018 lalu.

Menurut Memet sapaan akrabnya menjelaskan Benny sudah dipilih oleh Walikota Bandung sebelumnya,  yakni Ridwan Kamil,  sehingga walikota Bandung saat ini Oded M Danial harus segera melantiknya.

“Kan ada tiga nama waktu itu dan terpilihlah Benny Bachtiar sebagai pejabat Sekda,  meskipun yang bersangkutan merupakan ASN dari Kota Cimahi,  maka salah kalau berdasarkan nilai,  seharusnya berdasarkan nama yang sudah dipilih, “tandasnya.

Menurutnya banyak fungsi administrasi yang kosong apabila tidak ada sekda di kota Bandung,  sehingga nilai kepatuhan menurut Memet harus menjadi prioritas dari Pemerintah kota Bandung.

Sementara itu pengamat politik Unpad Bandung Prof.  DR.  Obsatar Sinaga menilai Sekretaris Daerah (Sekda)  kota Bandung harus tetap dilantik,  jika SK nya sudah ada. Kalau belum ada SK, dalam era otonomi, Walikota berhak meninjau ulang pejabat yang akan menjabat baru, sebab usernya Walikota.

” Masalahnya ketika sudah dilantik seorang pejabat eselon tidak mudah untuk diganti kecuali alasan alasan tertentu berdasarkan undang undang,” tandas Prof. Obi sapaan akrabnya,  Kamis (4/10/2018).

Obi menambahkan, misalnya menurut peraturan pemerintah no 11/ 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil yg mengikuti Undang Undang No 5/ 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pelantikan sekda bisa dilakukan oleh walikota saja ” Saya kira itu masalah prosedur saja,” katanya.

Sementara itu Walikota Bandung yang akrab disapa Mang Oded menegaskan hal tersebut masih dalam proses.  (Dudy)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos