728 x 90

Dua Tahun  Sudah,  Jembatan Unpad Rusak

Dua Tahun  Sudah,  Jembatan Unpad Rusak

Kabupaten Sumedang – Jembatan penghubung antara jalan utama dengan kampus Unpad Jatinangor (sebelah utara Rektorat Unpad), sudah dua tahun rusak Jembatannya ditutup pagar besi, sehingga tidak bisa dilewati kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua. penyebab tutupnya jembatan tersebut karena adanya retakan jalan serta tanah yang amblas, tepatnya di bahu jembatan.   Terkait hal

Kabupaten Sumedang – Jembatan penghubung antara jalan utama dengan kampus Unpad Jatinangor (sebelah utara Rektorat Unpad), sudah dua tahun rusak

Jembatannya ditutup pagar besi, sehingga tidak bisa dilewati kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua.

penyebab tutupnya jembatan tersebut karena adanya retakan jalan serta tanah yang amblas, tepatnya di bahu jembatan.

 

Terkait hal itu Sekretaris Direktorat Sarana Prasarana Unpad Edward Hendri menjelaskan  jembatan yang dibangun di era Prof Ganjar Kurnia (Rektor Unpad terdahulu) tersebut, menghabiskan dana sebesar Rp 12 miliar.

Namun sejak akhir tahun 2015 (di bawah kepemimpinan Prof Trihanggono) jembatan tersebut ditutup. “Dana pembangunannya sendiri dari PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) Unpad. Kebetulan saya waktu itu sebagai Ketua Panitia lelang, PPK nya Pak Rizal. Untuk pembangunannya ditangani oleh PT Gunakarya. Saat ini sebetulnya jembatannya tidak ada apa-apa (tidak masalah), di tutup karena rekayasa lalulintas saja,” terang Edward, Kamis (4/10/2018) petang.

“Waktu Rektor Unpad terdahulu (Ganjar Kurnia) diputuskan jalur utamanya di utara. Kemudian bergantinya rektor (Trihanggono) kebijakannya berubah, di selatan dibuka, jalan di utara ditutup,” katanya.

Menurut Edward retakan di jembatan tersebut sama dengan retakan tembok di rumah pada umumnya, “Kalau masalah kontruksi jembatan saya jamin tidak apa-apa, bahkan untuk menyakinkannya kami melakukan tes secara keilmuan. Orang-orang geofisika Unpad, ahli urusan tanah yang menilainya. Mereka menyimpulkan tidak apa-apa,” kata Edward.

Edward menambahkan penyebab retaknya tembok di pinggir jembatan, karena penurunan tanah, bukan kontruksinya, rencananya jembatan tersebut akan diperbaiki oleh pihak Unpad diperkirakan sebesar Rp 400 juta.

“Namun tidak dalam waktu dekat memperbaikinya, karena ada prioritas yang lain. Di antaranya target memperbaiki Jalan Cileles di sekitaran rektorat Unpad, yang aspalnya sudah tergerus air hujan. Jembatannya sendiri pasti diperbaiki,” katanya.

Dudy

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos