728 x 90

UPI Siap Tampung Sementara Mahasiswa Univ. Tadulako Palu yang Gedungnya Roboh

UPI Siap Tampung Sementara Mahasiswa Univ.  Tadulako Palu yang Gedungnya Roboh
Rektor UPI Bandung, Profesor. DR. H. Asep Kadarohman

Bandung,  Menyusul gempa yang terjadi di Palu,  Sigi dan Donggala yang juga merusak bangunan Universitas Tadulako Palu,  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  memberikan kemudahan. Kemudahan dimaksud menurut Rektor UPI Bandung Profesor.  DR.  H.  Asep Kadarohman, Selasa (9/10/2018) di kampus UPI,  UPI mempersilahkan para mahasiswa Univ.  Tadulako melakukan Site di UPI berupa perkuliahan dan lainnya,  sehingga mendapatkan

Bandung,  Menyusul gempa yang terjadi di Palu,  Sigi dan Donggala yang juga merusak bangunan Universitas Tadulako Palu,  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  memberikan kemudahan.

Kemudahan dimaksud menurut Rektor UPI Bandung Profesor.  DR.  H.  Asep Kadarohman, Selasa (9/10/2018) di kampus UPI,  UPI mempersilahkan para mahasiswa Univ.  Tadulako melakukan Site di UPI berupa perkuliahan dan lainnya,  sehingga mendapatkan nilai dari UPI.

Rektor yang ditemui usai acara Wisuda Gelombang lll 9-10 Oktober 2018 itu juga menambahkan,  pihaknya sudah membicarakan hal tersebut bersama para Rektor se-Indonesia,  namun sampai saat ini masih dilakukan pendataan jumlah masiswa Univ.  Tadulako Palu yang akan kuliah di UPI seluruh Indonesia.

Selain ini Rektor juga menambahkan UPI bersama jajaran Civitas Akademika,   tengah melakukan penggalangan dana bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu,  Sigi dan Donggala dan diharapkan dalam waktu dekat segera terkumpul untuk dikirimkan ke para korban.

Sementara itu dalam sambutan acara Wisuda yang diikuti 4290 wisudawan SI,  S2 dan Program Doktor selama dua hari,  hari ini  (9/10) dan besok,  Rektor menjelaskan dewasa ini peradaban manusia masuk pada suatu fase yang dinamakan era revolusi industri keempat atau Revolusi Industri 4.0.

Ribuan Wisudawan UPI yang Mengikuti acara Wisuda Gelombang lll, Selasa (9/10/2018)

Fenomena tersebut harus disambut oleh kita dengan menyiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya, sehingga kita mampu menghadapinya. UPI sebagai sebuah perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Oleh karena itu, berbagai program dan kegiatan terus dikembangkan oleh UPI terkait dengan kehadiran Revolusi Industri 4.0 tersebut.

Sejumlah hal yang telah, sedang, dan terus dilakukan oleh UPI antara lain adalah: pengembangan sistem pembelajaran yang inovatif; penyesuaian kurikulum pembelajaran dengan pendekatan human digital dan keahlian berbasis digital; peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menguasai data informasi teknologi (IT), operasional teknologi (OT), internet of things (IoT), dan big data; pengintegrasian objek fisik, digital, dan manusia secara komprehensif; dan peningkatan kualitas lulusan yang menguasai aspek literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. UPI juga terus berbenah dengan mengembangkan transdisiplin ilmu, menambah beberapa program studi yang dibutuhkan oleh pasar, dan mengembangkan program Cyber University.

“Di samping itu, UPI juga mempersiapkan sumber daya manusia, khususnya dosen yang responsif, adaptif, dan progresif, yang ditunjang oleh kelengkapan sarana prasarana yang memadai, termasuk pembangunan infrastruktur untuk kepentingan pendidikan, riset dan inovasi,” tegas Rektor.

Cepatnya perubahan dalam berbagai aspek kehidupan menurut Rektor seyogianya tidak menyurutkan daya saing dan daya juang lulusan UPI.

Dudy

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos