728 x 90

Jangan Berwisata Maksiat

Jangan Berwisata Maksiat

Banyaknya tempat wisata di Indonesia yg berubah jadi wisata maksiyat, sangatlah disayangkan.   Sebab hal itu dapat mendatangkan azab dari Allah Swt berupa bencana alam dan sebagainya.   Untuk mendukung pariwisata yang lebih baik, MUI tengah menyusun pedoman tentang wisata yang ramah bagi umat Muslim. “Jangan berwisata malah jadi maksiyat. Sekarang kami tengah menyusun pedoman

Banyaknya tempat wisata di Indonesia yg berubah jadi wisata maksiyat, sangatlah disayangkan.

 

Sebab hal itu dapat mendatangkan azab dari Allah Swt berupa bencana alam dan sebagainya.

 

Untuk mendukung pariwisata yang lebih baik, MUI tengah menyusun pedoman tentang wisata yang ramah bagi umat Muslim.

“Jangan berwisata malah jadi maksiyat. Sekarang kami tengah menyusun pedoman tentang wisata yang ramah dan halal,” kata Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr Hayu S Prabowo pada Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Bimbingan Teknis Pengembangan Jalur Wisata Tematik” yang digelar Kementerian Pariwisata di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Hayu mengatakan, salah satu aspek yang turut menentukan perkembangan industri wisata muslim adalah aspek keagamaan. Namun dalam mengembangkan wisata muslim ini, aspek keagamaan yang mendasar belum dijabarkan dan diekplorasi secara mendalam dan luas.

Menurutnya, dalam hal paket wisata harus memberikan pengalaman berwisata, serta atmosfir, perjalanan, transportasi, atraksi, amenitas, berbagai barang dan jasa yang ditawarkan merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisah dengan ajaran Islam.

Oleh karenanya perlu dirumuskan penyelenggara wisata ramah muslim untuk digunakan oleh seluruh komponen dalam ekositem pariwisata agar memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan muslim.

Sementara itu Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kementerian Pariwisata, Oneng Setia Harini mengakui, memang pedoman wisata Syariah telah dicabut pemerintah, namun sampai sekarang belum ada penggantinya. (Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos