728 x 90

Matikan Peredaran Narkoba, BNNP Jabar Terapkan Desa Bersinar

Matikan Peredaran Narkoba,  BNNP Jabar Terapkan Desa Bersinar
Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol.  Drs.  Sufyan Syarif,  MH

Bandung, Djakartatoday.com-Untuk mematikan peredaran narkoba,  Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP)  Jabar terapkan program  Desa Bersinar (bersih dari narkoba). Demikian dijelaskan Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol.  Drs.  Sufyan Syarif,  MH pada acara Peran Media dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4 GN), di Jalan Malabar Bandung,  Kamis (8/11/2018). Desa bersinar menurut Sufyan akan melibatkan

Bandung, Djakartatoday.com-Untuk mematikan peredaran narkoba,  Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP)  Jabar terapkan program  Desa Bersinar (bersih dari narkoba).

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan  Masyadakat BNNP Jabar Drs.  Wuryanto Sugiri,  Kabid Rehabilitasi BNNP Jabar  Drs. Anas Saepudin,  MSi dan Kabid Pemberantasan Drs.  Daniel Kantiandago.

Demikian dijelaskan Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol.  Drs.  Sufyan Syarif,  MH pada acara Peran Media dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4 GN), di Jalan Malabar Bandung,  Kamis (8/11/2018).

Desa bersinar menurut Sufyan akan melibatkan para Kades,  Babinsa,  Babinkamtibmas dan Puskesmas, sampai melibatkan para ketua RT dan RW,  masuk ke rumah-rumah, tempat kos,  bahkan dilakukan di sekolah dan kampus-kampus oleh satgas anti narkoba.

“Saat ini peredaran sudah banyak di desa-desa sehingga kita kejar ke desa dan kelurahan yang sampai dua bulan terakhir sudah ada 7 kota Kabupaten yang sudah kita lakukan, ” tandasnya.

Penyerahan sertifikat kepada Wartawan RRI

Desa dan daerah tersebut diantaranya Bogor,  Karawang, Sumedang, Cianjur, Cimahi,  Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung melalui Inpres No.  6/2014.

Upaya-upaya tersebut dilakukan untuk menyelamatkan 57 persen remaja Indonesia dikhawatirkan masih coba-coba menggunakan narkoba,  harus terselamatkan.

Sufyan menandaskan barang haram ini sangat berbahaya bagi generasi dan masa depan bangsa Indonesia.

Kerugian belanja narkotika setiap tahunnya di Indonesia mencapai 84 triliyun rupiah, bukan hanya masalah materil tapi jumlah korban jiwa meninggal sampai 30 orang perhari dan saat ini menyasar para remaja, ” tegas Sufyan.

Penyerahan Sertifikat kepada Wartawan RRI Azis

Di Indonesia ada 68 jenis narkoba yang beredar,  sehingga perlawanannya harus dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia secara masif.

“Antara pencegahan,  pemberantasan dan rehabilitasi harus dilakukan secara komprehensif, karena penghuni lapas itu 70-80 persen adalah bandar dan pengedar narkoba, ” tegas Sufyan.

Terkait rehabilitasi,  BNNP Jabar membentuk agen pemulihan terdiri dari Babinsa,  Babinkamtibmas,  Puskesmas,  Puskesmas Pembantu,  Bidan Desa dan Karang Taruna dengan menggelar pemantauan pemulihan klien,  mengajak klien dalam kegiatan positif, destigmatisasi pecandu dan memberikan system informasi rehabilitasi,  pasca rehabilitasi berkelanjutan.

“Operasi narkoba dilakukan bisa secara shock terapi,  operasi khusus atau juga operasi simpati sebagai upaya sosialisasi pencegahan, ” kata Sufyan.

Sufyan menekankan juga perlunya keterlibatan MUI,  pihak-pihak agama,  para ustadz,  promo perfilm an dalam upaya tersebut.

Sufyan juga mengajak  awak media melakukan sosialisasi bahaya narkoba secara masif, sehingga mampu menyelamatkan generasi depan bangsa Indonesia.

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan  Masyadakat BNNP Jabar Drs.  Wuryanto Sugiri,  Kabid Rehabilitasi BNNP Jabar  Drs. Anas Saepudin,  MSi dan Kabid Pemberantasan Drs.  Daniel Kantiandago.

Hadir pada acara tersebut sebagai narasumber Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan  Masyadakat BNNP Jabar Drs.  Wuryanto Sugiri,  Kabid Rehabilitasi BNNP Jabar  Drs. Anas Saepudin,  MSi dan Kabid Pemberantasan Drs.  Daniel Kantiandago.

Dudy

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos