728 x 90

Pipa Transmisi  Cisangkuy Pecah, 100 Ribu Lebih Pelanggan PDAM Tirtawening Kota Bandung Tak Teraliri Air

Pipa Transmisi  Cisangkuy Pecah, 100 Ribu Lebih Pelanggan PDAM Tirtawening Kota Bandung Tak Teraliri Air
Direktur Utama  Sonni Salimi dan  Direktur air bersih Rachmawati Rachman meninjau perbaikan pipa pecah PDAM Tirtawening diameter 850 mm, di Desa Margahurip Kecamatan Banjaran Kab. Bandung Minggu ( 25/11/2018)

Bandung,  Djakartatoday- Minggu 25 November 2018 pukul 03.30 WIB dini hari  terjadi pecah. Pipa transmisi Cisangkuy baru dengan jenis pipa DCIP (Ductile Cast Iron Pipe) berdiameter 850 mm di lokasi RT 01 RW 12 Desa Margahurip Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, Km 6. Pipa tersebut telah berumur 28 tahun, Pemasangan pertama dilakukan pada tahun 1990. Pipa

Bandung,  Djakartatoday- Minggu 25 November 2018 pukul 03.30 WIB dini hari  terjadi pecah.

Pipa transmisi Cisangkuy baru dengan jenis pipa DCIP (Ductile Cast Iron Pipe) berdiameter 850 mm di lokasi RT 01 RW 12 Desa Margahurip Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, Km 6.

Pipa tersebut telah berumur 28 tahun, Pemasangan pertama dilakukan pada tahun 1990. Pipa jalur Cisangkuy baru ini merupakan penghantar air baku PDAM Tirtawening Kota Bandung dari Cikalong ke Instalasi Pengolahan Air Badaksinga sebesar ± 725 l/detik, secara manual book kapasitas desain pipa transmisi tersebut adalah ± 800 l/detik.

Antisipasi kebocoran pipa transmisi Cisangkuy yakni penambahan debit aliran air yang dipersiapkan ± 275 l/detik  : dari Intake Dago Bengkok :  ± 150 l/detik dan Intake Sabuga : ± 125 l/detik .

Sehingga debit produksi aliran air yang hilang selama pipa transmisi Cisangkuy pecah adalah sebesar 725 l/detik – 275 l/detik hanya 450 l/detik.

Menurut Direktur utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonni Salimi,  saat ini sedang mengupayakan penggantian pipa dan penggantian air baku dengan memanfaatkan Sungai Cikapundung.

“Untuk penyebab terjadinya pipa pecah saat ini kami masih dalam penyelidikan lebih lanjut, ” ujar Sonni.

Estimasi jumlah pelanggan yang terganggu untuk Wilayah Barat dan Timur sebanyak :  ± 102.820 SL

Wilayah Barat :  ± 41.820 SL

Wialayah Timur :  ± 61.749 SL

Untuk sementara aliran air kepada sebagian pelanggan yang mendapat supply air dari Pengolahan Badaksinga akan terganggu selama ± 4 s.d 5 hari terhitung mulai tanggal 25 November 2018.

Adapun daerah-daerah yang terganggu aliran air nya adalah :

Sebagian pelanggan di Wilayah Timur.

Wilayah Bandung Timur, sebagian Area Cihapit dan sekitarnya, sebagian Area Citarum dan sekitarnya, sebagian Area Kebon Pisang  dan sekitarnya, sebagian Area Merdeka dan sekitarnya, sebagian Area Padasuka dan sekitarnya.

Sebagian Area Cikutra dan sekitarnya, sebagian Area Cicadas dan sekitarnya, sebagian Area Sukamaju dan sekitarnya,

sebagian Area Sukapada dan sekitarnya.

Sebagian Area Pasirlayung dan sekitarnya, sebagian Area Cipamokolan dan sekitarnya, sebagian Area Derwati dan sekitarnya, sebagian Area Mekarmulya dan sekitarnya, sebagian Area Manjahlega dan sekitarnya, sebagian Area Sekejati dan sekitarnya, sebagian Area Margasari dan sekitarnya.

Sebagian Area Cijaura dan sekitarnya, sebagian Area Jatisari dan sekitarnya, sebagian Area Kujangsari dan sekitarnya, sebagian Area Kebon kangkung dan sekitarnya, sebagian Area Sukapura dan sekitarnya, sebagian Area Kebonjayanti dan sekitarnya.

Sebagian Area Babakan Surabaya dan sekitarnya, sebagian Area Cicaheum dan sekitarnya, sebagian Area Babakan sari  dan sekitarnya,

sebagian Area Binong dan sekitarnya, sebagian Area Samoja dan sekitarnya, sebagian Area Kebon Gedang  dan sekitarnya,

Sebagian Area Gumuruh  dan sekitarnya.

Sebagian Area Maleer dan sekitarnya, sebagian Area CIbangkong dan sekitarnya,

sebagian Area Kacapiring dan sekitarnya, sebagian Area Kebon waru dan sekitarnya, sebagian Area Malabar dan sekitarnya.

Sebagian Area Cikawao dan sekitarnya sebagian Area Lingkar selatan  dan sekitarnya, sebagian Area Burangrang dan sekitarnya;

Sebagian Area Paledangdan sekitarnya, sebagian Area Turangga dan sekitarnya,

sebagian Area Cijagra dan sekitarnya.

Sebagian pelanggan di Wilayah Barat.

Wilayah Bandung Barat I, sebagian Area Maleber Inpres dan sekitarnya,

Wilayah Bandung Barat II

Sebagian  Area Ancol dan sekitarnya, sebagian Area Sawah Kurung  dan  sekitarnya, sebagian Area Kota Baru dan Sekitarnya,

Sebagian Area Curug Candung dan Sekitarnya.

Sebagian Area Pasir salam dan Sekitarnya, sebagian  Area Pasir Jaya dan Sekitarnya, sebagian Area Pasir Luyu  dan Sekitarnya.

sebagian Area Parakan Asri dan sekitarnya.

Sebagian Area Waas dan sekitarnya, sebagian Area Empang Toha  dan Sekitarnya, sebagian Area PLN Dalam  dan Sekitarnya,

Sebagian Area Muara dan Sekitarnya.

Sebagian Area Leuwi Anyar dan Sekitarnya, sebagian Area Citarip Timur  dan Sekitarnya, sebagian Area Nyengseret Utara  dan Sekitarnya, sebagian Area Kopo Ganjil  dan Sekitarnya;

Sonni Salimi mengatakan pihaknya meminta maaf kepada sebagian pelanggan yang aliran air nya terganggu.

“Bagi para pelanggan yang memerlukan pelayanan air tangki PDAM Tirtawening Kota Bandung kami sudah menyediakan 13 unit mobil tangki yang akan menjangkau daerah – daerah yang terganggu dan dapat memesannya secara kolektif dengan di koordinir oleh pengurus RW setempat,” ujar Sonni.

Sonni menambahkan hal itu dapat dilakukan dengan menghubungi Kantor Pelayanan Air Tangki Jln. Surapati no.67. Bandung, No. Telepon 022- 2507993 dan No. WhatsApp 0821 27242863.

“Untuk Pengaduan Wilayah Barat No. Telepon ,022 4209 894 Wilayah Timur No. Telepon 022-7204227,” katanya.

Dudy

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos