728 x 90

Kementerian Perindustrian RI Beri Bantuan 77,2 Milyar Rupiah untuk 111 IKM

Kementerian Perindustrian RI Beri Bantuan 77,2 Milyar Rupiah untuk 111 IKM
Sumber foto : rri.co. IdSumber foto : rri.co. Id

Bandung, Djakartatoday.com– Kementerian Perindustrian RI memberikan bantuan restrukturisasi mesin atau peralatan sebesar Rp.77,2 milyar. Bantuan tersebut diserahkan Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah Kementrian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih kepada 111 Industri Kecil Menengah (IKM) dari berbagai daerah di Indonesia. Gati mengungkapkan, dari total investasi itu, Rp.11,78 merupakan nilai potongan (reimburse). “Untuk meningkatkan daya saing dan

Bandung, Djakartatoday.com– Kementerian Perindustrian RI memberikan bantuan restrukturisasi mesin atau peralatan sebesar Rp.77,2 milyar.

Bantuan tersebut diserahkan Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah Kementrian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih kepada 111 Industri Kecil Menengah (IKM) dari berbagai daerah di Indonesia.

Gati mengungkapkan, dari total investasi itu, Rp.11,78 merupakan nilai potongan (reimburse).

“Untuk meningkatkan daya saing dan produktifitas IKM perlu mesin yang lebih canggih. Oleh karena itu kami fasilitasi bantuan mesin dan peralatan. Kami tidak berikan cuma-cuma 100 persen, tapi kami fasilitasi 30 persen kalau mesinnya buatan dalam negeri. Kalau luar negeri import, diberikan 25 persen,” tegas Gati di Bandung Selasa (4/12/2018).

Dia menambahkan pemerintah tidak memberikan bantuan 100 persen untuk pembelian mesin atau peralatan. Hal itu agar para pelaku IKM dapat membeli mesin yang dibutuhkan serta ada tanggung jaqab untum merawatnya.

Gati menuturkan, mesin yang dibeli dari program restrukturisasi tidak boleh dijual atau berpindah tangan dalam kurun waktu 2 tahun.

“harapan kami dengan program restrukturisasi ini produktufitas IKM meningkat, khususnya menghadapi revolusi industri 4.0, bukan hanya SDM tetapi teknologi juga harus ditingkatkan,” katanya.

Tahun 2019 nanti, timpal Gati anggaran program restrukturisasi akan ditingkatkan sekitar Rp. 20 milyar dari anggaran  tahun 2018 Rp.11 milyar lebih.

Menurut Gati Ditjen IKM  sejak 2009-2017 telahmenyalurkan bantuan restrukturisasi mesin maupun peralatan kepada 756 IKM dengan total  Rp.84,75 milyar dan nilai investasi mencapai Rp.554.63 milyar.

Pada  penyerahan bantuan program restrukturisasi mesin atau peralatan IKM tahun 2018, dihadiri 39 IKM, komoditas bordir tekstil merupakan yang terbanyak dari IKM yang ada di Jabar.

Dudy

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos