728 x 90

Dua Pabrik Celup Hasil Sidak Dansektor 21 Dinyatakan Penuhi Standar

Dua Pabrik Celup Hasil Sidak Dansektor 21 Dinyatakan Penuhi Standar

Cimahi, Djakartatoday.com-Dansektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudrajat mengaku senang dengan kondisi pembuangan di pabrik PT. SIAP. “Saya senang dengan kondisi pembuangan limbah di pabrik PT. SIAP ini, walaupun masih membangun sarana IPAL, namun sudah baik pengelolaannya, sehingga tidak akan rugi jika semua pabrik berniat memperbaiki IPAL nya,” kata Yusep. Yusep menjelaskan pabrik tersebut tidak tutup

Cimahi, Djakartatoday.com-Dansektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudrajat mengaku senang dengan kondisi pembuangan di pabrik PT. SIAP.

“Saya senang dengan kondisi pembuangan limbah di pabrik PT. SIAP ini, walaupun masih membangun sarana IPAL, namun sudah baik pengelolaannya, sehingga tidak akan rugi jika semua pabrik berniat memperbaiki IPAL nya,” kata Yusep.

Yusep menjelaskan pabrik tersebut tidak tutup karena membangun sarana IPAL yang bagus.

Kegiatan operasi mendadak/sidak ke dua pabrik yaitu PT. SIAP dan PT. Setia Busanatex yang terletak di wilayah kawasan Industri Nanjung dan Cibaligo Kota Cimahi, Kamis (06/12/2018).

Sidak Satgas Citarum Harum Subsektor  07 dipimpin langsung oleh Dansektor Kolonel Inf. Yusep Sudrajat, dihadiri sejumlah wartawan, sidak dimulai pukul 10.00 sampai  siang hari.

Pada sidak tersebut kedua pabrik menandatangai surat kesepakatan komitmen untuk menjaga hasil olahan IPAL nya tetap baik sesuai Perpres no. 5 tahun 2018.

Saat berkeliling melihat sarana IPAL pabrik pencelupan PT. SIAP , Dansektor 21 dan rombongan diperlihatkan sarana yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan instalasi baru yang tengah dibangun.

“Kami sudah me- recycle air olahan limbah kami sejak lama,” ujar Deputy Manajer di perusahaan tersebut Tedy.

Tedy menambahkan pihaknya  saat ini tengah membangun sarana dan instalasi baru agar pengolahan limbah kami lebih baik.

Tedy mengakui sejumlah anak berenang di sungai yang tepat berada di belakang pabrik.

Menanggapi hal itu,  Yusep mengatakan kondisi tersebut sangat menggembirakan baginya selaku petugas dalam Satgas Citarum, karena sudah mulai menuai hasil yang lebih baik.

Tedy juga mengungkapkan bahwa untuk membangun sarana baru tersebut pihaknya telah berinvestasi sekitar 3,5 milyar untuk membangun penambahan kolam dan instalasi untuk proses biologi.

Hal yang sama juga terjadi saat sidak pabrik kedua yaitu pabrik pencelupan PT. Setia Busanatex di kawasan Industri Cibaligo Kota Cimahi.

Kondisi IPAL di pabrik tersebut sudah tertata dengan baik, terbukti dari hasil olahan limbahnya tang sudah bening sesuai dengan aturan Perpres No. 5 tahun 2018.

“Kita lihat tadi dipembuangan akhir pabrik ini ada kolam yang telah diisi ikan mas dan ikan koi, sehingga PT. Setia Busanatex telah mengolah limbahnya sesuai dengan Perpres no. 5 tahun 2018. Hal ini sangat membantu program revitalisasi DAS Citarum,” ujar Yusep.

Sementara itu,  Sony selaku staf yang bertanggungjawab di bagian IPAL  pabrik tersebut mengungkapkan, pabriknya usai membangun sarana IPAL baru untuk mengolah hasil limbahnya menjadi lebih baik.

“Kami sangat mendukung program Citarum Harum,” pungkas Tedy.

Dudy

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos