728 x 90

USULAN MENKEU SOAL ZAKAT DAN PAJAK BELUM JELAS

USULAN MENKEU SOAL ZAKAT DAN PAJAK BELUM JELAS

Solo, Djakartatoday.com – Usulan Menkeu Sri Mulyani pada Konferensi Internasional Zakat di Jogjakarta tahun lalu tentang pengelolaan zakat disamakan dengan pajak, sampai sekarang belum pernah direalisasi. Sebab jika itu diterapkan, maka zakat akan menjadi wajib sama dengan pajak. “Usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani, agar pengelolaan zakat bisa seperti pengelolaan pajak, akan menjadi durian runtuh bagi

Solo, Djakartatoday.com –

Usulan Menkeu Sri Mulyani pada Konferensi Internasional Zakat di Jogjakarta tahun lalu tentang pengelolaan zakat disamakan dengan pajak, sampai sekarang belum pernah direalisasi. Sebab jika itu diterapkan, maka zakat akan menjadi wajib sama dengan pajak.

“Usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani, agar pengelolaan zakat bisa seperti pengelolaan pajak, akan menjadi durian runtuh bagi Baznas, seperti di Malaysia dimana zakat itu menjadi wajib,” ujar Ketua Umum Baznas, Bambang Sudibyo di sela sela Rakornas Zakat di Hotel Sunan, Solo, Senin (4/3).

Menurut Bambang, namun sayangnya usulan Menkeu itu sampai sekarang belum diterapkan. Sebab jika diterapkan, maka potensi zakat nasional naik seratus persen dari 1,57 persen PDB menjadi 3,4 persen dari PDB.

Rakornas Zakat 2019 sendiri berlangsung di Kota Solo, 4-6 Maret 2019. Sementara opening ceremony akan dibuka Wapres Jusuf Kalla di Pendhapi Gedhe Balaikota Solo menggantikan Jokowi yang berhalangan hadir.

Selain mengundang Menkeu, panitia juga mengundang Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro, untuk menjelaskan misi dan visi pemerintah terkait zakat.

Ditambahkan Bambang Sudibyo, target zakat tahun 2019 sekitar 8 Trilliun. “Kita bisa simpulkan, semakin kondusif, para muzzaki melaksanakan syariat membayar zakat,” ujar Bambang Sudibyo, yang mantan menteri Keuangan dan Mendiknas itu.

Kegiatan Rakornas Zakat 2019 dihadiri oleh sekitar 700 peserta. Mereka adalah para pengurus Baznas 34 dari tingkat propinsi, 314 dari Kabupaten/Kota dan 72 daerah yang telah membentuk secara resmi Lembaga Amil Zakat (LAZ). (Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos