728 x 90

BPN USULKAN BENTUK TPF KEJAHATAN PEMILU 2019

BPN USULKAN BENTUK TPF KEJAHATAN PEMILU  2019

Jakarta, Djakartatoday.com Pemilu 2019 ini merupakan pemilu paling curang sekaligus brutal dalam sejarah Indonesia sejak pemilu 1955 lalu. Betapa tidak, ratusan orang wafat dan lebih dari seribu orang masuk rumah sakit terutama para petugas KPPS. Sedangkan ribuan kasus kecurangan yg menguntungkan petahana terjadi secara terstruktur, sistimatis dan massif di seluruh Indonesia. Bahkan KPU dan aparat

Jakarta, Djakartatoday.com

Pemilu 2019 ini merupakan pemilu paling curang sekaligus brutal dalam sejarah Indonesia sejak pemilu 1955 lalu.

Betapa tidak, ratusan orang wafat dan lebih dari seribu orang masuk rumah sakit terutama para petugas KPPS. Sedangkan ribuan kasus kecurangan yg menguntungkan petahana terjadi secara terstruktur, sistimatis dan massif di seluruh Indonesia. Bahkan KPU dan aparat dilibatkan untuk memenangkan paslon 01 Jokowi-Ma’ruf.

Selain itu Tim Relawan IT BPN menemukan 9.440 kesalahan input di apikasi Sistem Penghitungan Suara (Situng) KPU. Temuan itu diperoleh dari hasil verifikasi manual di Web Situng KPU dalam tiga terakhir (27-29 April 2019).

Tim telah meneliti 172.174 PS dari 404.290 TPS yang sudah masuk ke Web Situng KPU (42 %). Dari total data TPS yang sudah diverifikasi ditemukan error sebanyak 6 %.

“Dalam setiap hari kami menemukan lebih dari 1.000 kesalahan entry. Kesalahan itu meliputi selisih suara, jumlah pemilih melebihi DPT, dan jumlah suara sah tidak cocok dengan total suara,” kata Koordinator Relawan IT BPN, Mustofa Nahra Wardaya.

Temuan kesalahan itu konsisten dalam tiga hari terakhir dan tidak ada perbaikan. Kesalahan terbesar berasal dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di Jabar ditemukan kesalahan di sebanyak 764 TPS ( 8 persen), Jateng 706 TPS ( 7,4 %), Jatim 385 ( 4 %). Total kesalahannya mencapai 19,4 persen.

“Kami juga menemukan indikasi ada pola input dari daerah tertentu tinggi yang menguntungkan Paslon 01, dan merugikan Paslon 02. Polanya sangat baku dan konsisten. Ada yang sangat cepat, tapi ada yang sangat lambat. Ini sangat mencurigakan,” tambah Mustofa.

Angkanya sangat mirip dan konsisten dengan hasil quick count yang dipublikasikan oleh lembaga survey. “ Kebetulan ini sangat tidak masuk akal.”

Sedangkan Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak menilai, kesalahan input yang dilakukan oleh KPU sangat serius.

“Melihat besarnya prosentase kesalahan input tuntutan untuk membentuk Tim Pencari Fakta kejahatan pemilu dengan agenda utama audit forensik Situng KPU sangat mendesak,” ujarnya.

Langkah tersebut sangat diperlukan untuk menjaga kualitas demokrasi dari hal-hal teknis yang diragukan dan membuat sistem itu tidak dipercaya oleh publik. (Abdul Halim)

1 comment
Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

1 Comment

  • Kandar
    April 29, 2019, 2:00 pm

    KPU harus hati, ratusan juta manusia ikuti gerak gerik anda. Bila anda berbuat curang, itu bermakna anda menarik anak bangsa. ke kancah huruhara

    REPLY

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos