728 x 90

Zakat Maal Melalui E-Commerce Mencapai Rp 12 Miliar

Zakat Maal Melalui E-Commerce Mencapai Rp 12 Miliar

Jakarta, Djakartatoday.com Saat ini membayar Zakat Maal dan Zakat Fitrah dapat melalui perusahaan e-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain. “Untuk tahun lalu, Baznas telah menerima Zakat Maal dari tiga perusahaan e-Commerce yang mencapai Rp 12 miliar,” ujar Dirut Baznas, Arifin Purwakananta di Jakarta, Jumat (24/5). Untuk itu adan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan

Jakarta, Djakartatoday.com

Saat ini membayar Zakat Maal dan Zakat Fitrah dapat melalui perusahaan e-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

“Untuk tahun lalu, Baznas telah menerima Zakat Maal dari tiga perusahaan e-Commerce yang mencapai Rp 12 miliar,” ujar Dirut Baznas, Arifin Purwakananta di Jakarta, Jumat (24/5).

Untuk itu adan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan perusahaan e-commerce Tokopedia memberikan layanan kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan ibadah zakat secara online.

Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta mengatakan, BAZNAS sejak tiga tahun lalu telah melayani kemudahan zakat secara online. Layanan ini diberikan agar Memudahkan masyarakat tetap menunaikan zakatnya meskipun memiliki kesibukan setiap hari.

“Banyak diantara masyarakat dari kelas menengah yang memiliki kesibukan tinggi dalam aktivitasnya sehingga BAZNAS memberikan kemudahan berzakat lewat fasilitas Online di Tokopedia,” tegasnya.

Di Tokopedia, masyarakat dapat membayar zakat, baik zakat mal maupun zakat fitrah yang biasa ditunaikan menjelang akhir Hari Raya Idul Fitri. Khusus untuk zakat fitrah, kemudahan layanan ini bukan bermaksud untuk menyaingi lembaga-lembaga yang telah mengelola zakat fitrah sebelumnya seperti masjid, pesantren atau lembaga dakwah lain. Layanan zakat fitrah secara online ini diberikan semata untuk memudahkan ibadah para muzakki.

Arifin mengatakan, berzakat melalui BAZNAS memiliki nilai lebih selain tertunaikannya kewajiban sebagai muslim.

Dana zakat, khususnya zakat fitrah yang terkumpul melalui BAZNAS ini akan digunakan untuk membeli beras para petani mustahik yang dikembangkan di sejumlah daerah di Indonesia melalui Program Zakat Community Development (ZCD).

Pada kesempatan yang sama, VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengungkapkan, sebagai perusahaan teknologi Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar zakat Fitrah selama bulan Ramadan. Kini melalui kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk meluncurkan fitur Tokopedia Zakat Fitrah.

“Kami berharap masyarakat semakin dipermudah untuk menunaikan zakat fitrah secara resmi, aman dan amanah melalui fitur Tokopedia Zakat Fitrah yang mengikuti prinsip-prinsip syariah, sehingga dapat disampaikan pada waktu yang sudah ditentukan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir lupa untuk berbagi kebaikan untuk setiap orang yang membutuhkan melalui zakat fitrah, ketika sedang mudik maupun pulang ke kampung halaman,” tegasnya.

Tokopedia Zakat Fitrah memungkinkan masyarakat untuk membayar zakat fitrah yang berlaku dari awal bulan Ramadan hingga sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Para pengguna Tokopedia dengan mudah dapat memanfaatkan fitur pembayaran zakat fitrah melalui laman utama Tokopedia (https://www.tokopedia.com/dm/zakat-fitrah). (Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos