728 x 90

Soal Sertifikasi Halal Bisa Menimbulkan Cheos

Soal Sertifikasi Halal Bisa Menimbulkan Cheos

Jakarta, Djakartatoday.com Jangan dianggap remeh soal Sertifikasi Halal (SH) suatu produk, sebab bisa menimbulkan keadaan cheos sebuah negara. Prediksi ini dikemukakan Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat -obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Dr Ir Luqmanul Hakim MSi ketika bertemu pers di Jakarta, Senin (27/5). Menurutnya, berdasarkan UU Jaminan Produk Halal (JPH) beserta PP

Jakarta, Djakartatoday.com

Jangan dianggap remeh soal Sertifikasi Halal (SH) suatu produk, sebab bisa menimbulkan keadaan cheos sebuah negara.

Prediksi ini dikemukakan Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat -obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Dr Ir Luqmanul Hakim MSi ketika bertemu pers di Jakarta, Senin (27/5).

Menurutnya, berdasarkan UU Jaminan Produk Halal (JPH) beserta PP yg menyertainya, pada 17 Oktober 2019 nanti, maka akan dimulai sertifikasi halal. Dengan demikian, seluruh produk makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetika yg beredar di Indonesia wajib bersertifikasi halal.

“Bisa saja nantinya polisi akan melakukan sweeping di pasar pasar dan perusahaan perusahaan yg belum bersertifikasi halal, sehingga bisa menimbulkan kegaduhan bahkan cheos,” tegas Luqman.

Dikatakannya, saat ini terdapat 36 juta UMKM, dimana baru 5 persen (1,6 juta UMKM) yg memiliki sertifikasi halal, sehingga mayoritas tak memiliki sertifikasi halal.

“Jika usaha mereka semua ditutup karena tidak bersertifikasi halal, jelas akan menimbulkan kegoncangan negara,” ujar Luqman.

Dikatakannya, dari 36 juta UMKM itu jika satunya memiliki 4 anggota keluarga, maka akan terdapat 144 juta orang Indonesia yg tergantung dari UMKM.

Untuk itu LPPOM MUI akan terus melakukan sertifilasi halal, dimana pemerintah bisa membantu pendanaannya untuk para pengusaha UMKM tersebut yg mencapai Rp 150 ribu per UMKM, sehingga totalnya bisa mencapai Rp 37 Triliun, sedangkan untuk perusahaan hanya dibutuhkan Rp 1,5 juta per sertifikasi halal.

Berdasarkan data LPPOM MUI, saat ini telah beredar 202.376 berbagai produk di Indonesia, namun yg telah melakukan sertifikasi halal LPPOM MUI baru 17.293 produk dari 11.144 perusahaan di Indonesia.
(Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos