728 x 90

Tradisi Perang Petasan di Jembatan Kabupaten Melawi pada Setiap Hari Raya Idul Fitri

Tradisi Perang Petasan di Jembatan Kabupaten Melawi pada Setiap Hari Raya Idul Fitri

Melawi – Ratusan warga Nanga Pinoh, Melawi melakukan “perang” petasan di kawasan jembatan Sungai Pinoh pada Rabu (5/6/2019) sore. Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan setiap lebaran Idul Fitri. Dalam perang petasan tersebut terdapat dua kelompok pemuda yang saling serang menyerang, satu kelompok berada di atas jembatan dan satu kelompok lagi berada di sungai

Melawi – Ratusan warga Nanga Pinoh, Melawi melakukan “perang” petasan di kawasan jembatan Sungai Pinoh pada Rabu (5/6/2019) sore. Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan setiap lebaran Idul Fitri.

Dalam perang petasan tersebut terdapat dua kelompok pemuda yang saling serang menyerang, satu kelompok berada di atas jembatan dan satu kelompok lagi berada di sungai menggunakan perahu air.

Kedua kelompok ini saling menyerang menggunakan mercon kembang api ke arah lawannya.

Kegiatan perang petansan ini di mulai dari jam 02.00 sampai jam 06.00 wib dan kegiatan ini tidak luput dari pantaun Kapolres Melawi dan jajaran anggotanya termasuk salah satunya bagian Satlantas.

Terlihat beberapa anggota polisi yang sedang melakukan penertiban lalulintas yang macet di karenakan banyaknya pengujung untuk melihat perang petasan tersebut.

Berdasarkan keterangan warga perang petasan yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Melawi khususnya pemuda ini yang bernama Sungkono asal dari desa Manggala yang sudah berlangsung kurang lebih 15 tahun dan mengikuti kegiatan rutin tahunan yang dilakukan untuk menghibur masyarakat.

“Perang petasan seperti ini kemungkinan hanya bisa ditemui di Nanga Pinoh. Dan hanya dapat dijumpai pada saat lebaran Idul Fitri” jelasnya.

Perang petasan yang dilakukan masyarakat di kawasan jembatan ini memang cukup menjadi perhatian warga lain yang kebetulan melintas tak ayal kemacetan pun tidak bisa dihindari.

Januar Saputra

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos