728 x 90

Kepolisian Resor Melaw Melawi Melakukan Soalat Istisqa Berjamaah

POLRES MELAWI, POLDA KALBAR – Beberapa minggu terakhir musim kemarau terus melanda Kabupaten Melawi dan pada umumnya Kalimantan Barat. Seluruh Jajaran Kepolisian Kalimantan Barat mulai dari tingkat Polda hingga Polres Jajaran maupun tingkat Polsek melaksanakan Sholat Istisqa secara berjamaah secara serentak. Kepolisian Resor Melawi turut melaksanakan Sholat Istisqa berjamaah, bertempat di Masjid Shiratul Jannah Polres

POLRES MELAWI, POLDA KALBAR – Beberapa minggu terakhir musim kemarau terus melanda Kabupaten Melawi dan pada umumnya Kalimantan Barat. Seluruh Jajaran Kepolisian Kalimantan Barat mulai dari tingkat Polda hingga Polres Jajaran maupun tingkat Polsek melaksanakan Sholat Istisqa secara berjamaah secara serentak.

Kepolisian Resor Melawi turut melaksanakan Sholat Istisqa berjamaah, bertempat di Masjid Shiratul Jannah Polres Melawi, Kamis (19/9/2019) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si dan Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom, Kabag Ops AKP Dedy F. Siregar, S.I.P., M.A.P (penggagas kegiatan Sholat Istisqa), Para Kasat, Para Perwira dan Personil Polres Melawi. Sedangkan Instansi terkait hadir juga dalam kegiatan ini seperti Kepala Dinas BPBD Kabupaten Melawi beserta anggotanya, Kompi Senapan A 642 Kapuas, Perwakilan Pemda Kabupaten Melawi, Dinas BMKG, dan Masyarakat sekitar Polres Melawi berjumlah kurang lebih 150 Jamaah. Bertindak sebagai imam Sholat Istisqa kali ini, KH Joko Supeno Pimpinan Pondok Pesantren Bustanul Quran Kabupaten Melawi.

Sholat Istisqa dilakukan untuk meminta kepada Allah agar diturunkan – Nya hujan. Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang ataupun dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajatan tertentu.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si mengatakan, tujuan dilaksanakannya Sholat Istisqa ini dikarenakan Kabupaten Melawi dan pada umumnya Kalimantan Barat sudah lama tidak turun hujan. Akibatnya banyak lahan dan hutan maupun perkebunan yang mengalami kekeringan dan terbakar menyebabkan bencana asap yang mengkhawatirkan.

“Saat ini kita sangat mengharapkan turunnya hujan. Insya’Allah dengan adanya Sholat Istisqa ini, Kabupaten Melawi dan pada umumnya Kalimantan Barat akan segera turun hujan, “tuturnya.

Sementara itu, Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom menyampaikan bahwa Sholat Istisqa ini merupakan bentuk ikhtiar atau upaya segera di turunkan hujan oleh Allah SWT untuk mengurangi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Semoga Allah segera mengabulkan doa kami hari ini, sehingga hujan bisa segera turun dan kabut asap akibat dari karhutla bisa berkurang dan hilang”, harapnya.

Jajang menambahkan bahwa kegiatan Sholat Istisqa yang disemestinya dilaksanakan pada hari rabu serentak diseluruh Jajaran Polda Kalbar. Selain Polres Melawi melaksanakan sholat Istisqa, Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Polsek Jajaran Polres Melawi tanggal dan hari menyesuaikan. Tentunya sama dengan melibatkan Unsur TNI, Pemuka Agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat diwilayahnya masing-masing.

“Kami juga perintahkan untuk Polsek Jajaran Polres Melawi agar melaksanakan sholat istisqa dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat bersama-sama memohon doa kepada Allah”, ucapnya.

Wakapolres Melawi juga menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dan menggunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah,” pesan Waka.

Penggagas kegiatan Sholat Istisqa, Kabag Ops AKP Dedy F. Siregar, S.I.P., M.A.P mengungkapkan “Kabut asap kian tebal, walaupun kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Melawi bisa dikatakan sudah tidak ada hanya beberapa kecamatan minggu lalu ada karhutlanya. Segala upaya sudah dikerahkan dan memohon kepada Allah SWT menjadi sandaran terakhir yang dilakukan oleh Pihak Kepolisian beserta Instansi Terkait dan masyarakat di Kalimantan Barat saat ini agar diturunkan hujan,” terang Kabag Ops.

“Kabut asap masih terus menyelimut Kalimantan Barat terlebih di Kabupaten Melawi, napas terasa sesak, sekolah tingkat TK/Paud, SD dan SMP pun sudah dua kali diliburkan, Semoga Allah SWT mengabulkan permohonan doa kita semua pada hari ini,” sampai Kabag Ops mengakhiri.

 

( Januar )

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos