728 x 90

Indonesia Siap Jadi Pusat Halal Value Chain Dunia

Indonesia Siap Jadi Pusat Halal Value Chain Dunia

Jakarta, Djakartatoday. com Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia (230 juta dari 260 juta penduduk Indonesia), sangatlah wajar jika Indonesia menjadi pusat halal value chain dunia. Maka tidaklah mengherankan jika Indonesia tahun ini kembali menggelar Halal Expo (Indhex). Berbeda dengan penyelenggaraan beberapa tahun sebelumnya, Indhex 2019 diselenggarakan berkat kerja sama Lembaga Pengkajian

Jakarta, Djakartatoday. com

Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia (230 juta dari 260 juta penduduk Indonesia), sangatlah wajar jika Indonesia menjadi pusat halal value chain dunia. Maka tidaklah mengherankan jika Indonesia tahun ini kembali menggelar Halal Expo (Indhex).

Berbeda dengan penyelenggaraan beberapa tahun sebelumnya, Indhex 2019 diselenggarakan berkat kerja sama Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dengan Bank Indonesia (BI), tepatnya Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (DEKS-BI) yang menggelar program Indonesia Syaria Economic Festival (ISEF).

Pergelaran yang akan diselenggarakan pada 12-17 November 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta ini diharapkan dapat mempercepat pergerakan Indonesia menjadi center of excellence pengembangan ekonomi dan keuangan syariah serta produk halal di pasar global.

Dengan mengangkat tema Embracing Sharia Economic for Stronger and Sustainable Growth, Indhex-ISEF juga diharapkan mampu meningkatkan kerja sama yang lebih luas dengan lembaga internasional, dan menjadikan Indonesia sebagai pusat halal value chain dunia melalui penguatan outlet pasar global untuk produk-produk halal dunia. Tentunya, kegiatan ini menjadi ajang promosi terbesar produk syariah dan halal di Indonesia.

Gelaran ISEF merupakan salah satu usaha BI yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka meng-implementasikan pilar ketiga dari blueprint pengembangan ekonomi dan keuangan syariah BI, yakni penguatan riset, asesmen, dan edukasi.

Sedangkan Indhex, yang sudah dilaksanakan LPPOM MUI selama lebih dari tujuh tahun, merupakan ajang pameran terbesar di Indonesia untuk produk-produk yang telah bersertifikat halal MUI.

Selain pameran produk halal, Indhex-ISEF juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, antara lain:

Annual General Meeting World Halal Food Council 2019, merupakan pelatihan berskala internasional bagi lembaga sertifikasi halal luar negeri.

Anugerah Halal Award 2019, merupakan ajang peghargaan dari LPPOM MUI kepada para pemangku kepentingan di bidang halal.

Seminar Pemilihan Teknik Validasi Kebersihan Sesuai HAS 23000, menginformasikan prosedur sertifikasi halal, standar halal terkait validasi kebersihan, beserta studi kasus.

Workshop: Halal Auditor Standard Based on SKKNI, berupa pelatihan terkait Sistem Jaminan Halal (SJH).

Business Matching dan Business Coaching, merupakan pelatihan dan klinik sertifikasi halal bagi para pelaku usaha.

Talkshow: Sertifikasi Halal dan Bisnis Kuliner Berbasis Digital, memberikan gambaran mengenai urgensi sertifikasi halal serta daya tarik, keuntungan dan strategi dalam mengembangkan bisnis kuliner berbasis digital.

(Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos