728 x 90

MENGAPA UMAT ISLAM HARAM HUKUMNYA MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL ?

MENGAPA UMAT ISLAM HARAM HUKUMNYA MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL ?

Setiap menjelang tanggal 25 Desember, selalu terjadi polemik tentang ucapan Selamat Hari Natal untuk umat Kristen/Katolik. Ada yang bilang, jika tidak mau mengucapkan Selamat Natal berarti Radikal dan merusak Toleransi, sehingga umat Islam dicap Radikal dan Intoleran. Meski hanya sebuah ucapan kata “Selamat”, namun mengucapkan Selamat Hari Natal mengandung makna sangat serius yakni setuju dan

Setiap menjelang tanggal 25 Desember, selalu terjadi polemik tentang ucapan Selamat Hari Natal untuk umat Kristen/Katolik.

Ada yang bilang, jika tidak mau mengucapkan Selamat Natal berarti Radikal dan merusak Toleransi, sehingga umat Islam dicap Radikal dan Intoleran.

Meski hanya sebuah ucapan kata “Selamat”, namun mengucapkan Selamat Hari Natal mengandung makna sangat serius yakni setuju dan mendoakan atas kelahiran anak Tuhan. Jelas ini mengandung konsekwensi sangat berat atas runtuhnya keimanan seorang Muslim, yg berarti menjerumuskan dirinya pada Kekafiran dan Kemusyrikan, naudzubillah min dzalik.

Berikut ini tanggapan Pengurus MUI Pusat sekaligus Ketua Badan Koordinasi Penanggulangan Penodaan Agama (BAKORPA), Irjen Pol (Purn) KH Anton Tabah Digdoyo:

Sangat keliru jika ukuran toleransi dari ucapan Selamat Natal. Natal itu sudah terjadi sejak tahun 325 Masehi di zaman Kaisar Romawi, Konstantin, jauh sebelum era Nubuwah Muhamad SAW.

Jadi pada era Nabi Muhammad SAW sudah ada Natal dan Nabi beserta para sahabatnya tidak pernah mengucapkan selamat Natal, meski sebagian penduduk Madinah ada yang Nasrani. Meski begitu, toleransi pada era Nabi sangatlah bagus .

Mengapa harus mengucapkan Selamat Natal kalau dalam Iman dan Islam itu bertentangan ?

Apalagi ini juga sudah menjadi Fatwa ulama seluruh dunia dan semua keempat Imam Mazhab merujuk pada zaman Nabi, dimana tidak pernah ada ucapan Selamat Natal, karena Natal dalam Iman Kristen/ Katolik berarti Memperingati Lahirnya Anak Tuhan. Hal itu termasuk Perbuatan Syirik dengan dosa besar dalam Islam. Itulah dalil teguh bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Makanya para ulama sejak zaman Kemerdekaan, tak pernah sama sekali mengucapkan Selamat Natal kepada umat Kristen/Katolik, namun terbukti toleransi tetap terjaga dengan harmonis di bumi Indonesia.

Contoh konkrit

toleransi seperti yg sering dilakukan FPI dalam menolong korban bencana alam meski itu terjadi di wilayah mayoritas Kristen, seperti di Kulawi baru baru ini. FPI merupakan ormas yg pertama kali terjun membantu penduduk Kulawi yg terkena banjir bandang tanpa membeda-bedakan apa agamanya.

FPI merupakan Ormas yang paling taat kepada Fatwa Ulama/Imam Mahzab.

Sejak dulu, FPI tidak pernah mengucapkan Selamat Natal, sebab Natal itu Hari Kelahiran Anak Tuhan, sehingga sangat bertentangan dengan aqidah dan keimanan umat Islam.

Meski FPI selama ini dituduh intoleran, namun FPI menjawabnya bukan dengan ucapan tetapi dengan tindakan nyata menyelamatkan penduduk Kulawi yg mayoritas Kristen.

Lalu kemana mereka yg hobinya menfitnah FPI, disaat rakyat membutuhkan pertolongan seperti para korban banjir bandang di Kulawi ?

Kalian menuduh dengan fitnah murahan, tetapi FPI menjawab dengan kerja yg Ikhlas !

Zaman terus berjalan untuk menguji Iman kita, juga mana ulama sejati yang istiqomah, mana ulama suuk yang menuruti penguasa karena terpikat dunia ?

Ulama yang selalu istiqomah, bukan hanya memilih mundur dari jabatannya, tetapi juga lebih memilih dipenjara.

Mereka ulama hebat, nyaris setara dengan sifat Nabi, seperti pemuda Yusuf yang memilih dipenjara, yaitu almarhum Buya HAMKA, Ketua MUI pertama.

Sebagaimana kisah Nabi Yusuf as, penjara lebih dipilih daripada mengikuti kehendak penguasa yang dholim, (QS. Yusuf ayat 33).

Namun anehnya, sekarang ini ada sebagian ulama yang milih kehidupan dunia yang fana ini daripada kehidupan akhirat yg kekal abadi.

(Abdul Halim/R)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos