728 x 90

Meski Hujan Deras, Sampai Dini Hari Relawan BAZNAS Masih Lakukan Evakuasi dan Distribusi Logistik

Meski Hujan Deras, Sampai Dini Hari Relawan BAZNAS Masih Lakukan Evakuasi dan Distribusi Logistik

Jakarta, Djakartatoday.com Sejak Selasa malam hingga Kamis dini hari tadi, hujan deras terus menyapu Jakarta, hingga menyebabkan 80 persen wilayah ibukota terendam banjir. Bahkan wilayah sekitarnya seperti Bekasi dan Tangerang jugs kebanjiran. Banyak relawan kemanusiaan sudah bergerak, salah satunya relawan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB). Masyarakat yang semula bertahan di rumah mulai meminta untuk dievakuasi ke

Jakarta, Djakartatoday.com

Sejak Selasa malam hingga Kamis dini hari tadi, hujan deras terus menyapu Jakarta, hingga menyebabkan 80 persen wilayah ibukota terendam banjir. Bahkan wilayah sekitarnya seperti Bekasi dan Tangerang jugs kebanjiran.

Banyak relawan kemanusiaan sudah bergerak, salah satunya relawan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB).

Masyarakat yang semula bertahan di rumah mulai meminta untuk dievakuasi ke pengungsian atau lokasi yang lebih aman.

Hingga Kamis (2/1) dini hari, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus menyisir berbagai titik untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Sebanyak 12 personil BAZNAS mendistribusikan makanan siap saji kepada warga korban banjir di Rumah Susun (Rusun) Bidara Cina, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Dengan menggunakan 2 perahu karet, tim menembus banjir yang sudah mencapai 1,5 hingga 2 meter dan merendam sejumlah pemukiman warga.

Tim harus menembus ketinggian banjir dan kondisi listrik yang padam untuk dapat mencapai lokasi rusun.

“Warga yang tinggal di lantai dasar rusun sudah mengungsi ke rumah tetangga di lantai yang lebih tinggi karena banjir sudah merendam rumah mereka. Namun kondisi mereka kekurangan makanan karena terjebak tidak dapat turun, sehingga kami langsung bagikan makanan siap santap,” kata Anggota Tim BAZNAS Tanggap Bencana, Ade Hilman di sela aksinya.

Sementara itu satu tim lain bergerak menuju kawasan Kembangan, Jakarta Barat untuk melakukan evakuasi warga yang malam ini belum dapat bergerak ke lokasi pengungsian. Untuk mencapai lokasi ini, tim beberapa kali harus berhenti karena terkendala dengan banjir yang menggenangi jalanan.

Tim bergerak menggunakan mobil rescue dan membawa sejumlah peralatan evakuasi, termasuk perahu karet.

(Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos