728 x 90

450 Pengungsi Mendapat Layanan Kesehatan BAZNAS

450 Pengungsi Mendapat Layanan Kesehatan BAZNAS

Jakarta, Djakartatoday.com Sejak banjir melanda ibukota pada Rabu dinihari (1/1), tim kesehatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) langsung bergerak untuk membantu para pengungsi. Selama ini sudah dibantu 450 pengungsi oleh Rumah Sehat BAZNAS. BAZNAS tak hanya fokus pendistribusian bantuan logistik makanan, tetapi juga menyediakan layanan kesehatan untuk para pengungsi lewat Rumah Sehat BAZNAS (RSB) di

Jakarta, Djakartatoday.com

Sejak banjir melanda ibukota pada Rabu dinihari (1/1), tim kesehatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) langsung bergerak untuk membantu para pengungsi. Selama ini sudah dibantu 450 pengungsi oleh Rumah Sehat BAZNAS.

BAZNAS tak hanya fokus pendistribusian bantuan logistik makanan, tetapi juga menyediakan layanan kesehatan untuk para pengungsi lewat Rumah Sehat BAZNAS (RSB) di sejumlah posko layanan bencana BAZNAS yang tersebar di beberapa titik di Jakarta sejak Kamis (2/1). Posko layanan kesehatan tersebut antara lain tersedia di Rumah Sehat BAZNAS Sunda Kelapa, Jakarta Pusat; di Cipinang Melayu, Jakarta Timur; di Pancoran, Pengadegan, Jakarta Selatan, dan di Makassar, Jakarta Timur.

Kepala Lembaga Program Rumah Sehat BAZNAS, dr Reza Ramdhoni menjelaskan di setiap posko terdiri dari dokter, perawat, dan satu orang tenaga operasional untuk melayani para pengungsi. Selain itu juga disediakan 2 mobil ambulance yang berkeliling setiap saat ke tempat yang membutuhkan bantuan.

“Tim Rumah Sehat BAZNAS banyak menangani pengungsi dari kalangan ibu dan anak-anak yang membutuhkan pengobatan karena mengeluhkan batuk, pilek demam dan penyakit kulit akibat banjir. Ini adalah bentuk komitmen BAZNAS untuk meringankan beban dari pengungsi yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut,” jelasnya.

Reza menambahkan tak hanya di posko, Tim Rumah Sehat BAZNAS juga menurukan tim untuk terjun langsung ke rumah-rumah pengungsi yang membutuhkan layanan kesehatan.

“Sampai dengan saat ini total ada sekitar 450 jiwa yang mendapatkan layanan kesehatan BAZNAS dari empat posko yang telah didirikan. Jumlah ini berpotensi bertambah mengingat di beberapa daerah, rumah warga masih terendam banjir, dan sangat membutuhkan layanan kesehatan,” ujar dia.

Reza berharap Rumah Sehat BAZNAS dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengungsi, karena dari beberapa sektor kesehatan sepeti Puskesmas atau Dinas Kesehatan setempat juga mengalami kendala terutama soal kekurangan tim medis.

“Semoga di tengah-tengah keterbatasan tim yang ada, BAZNAS bisa ikut maksimal untuk membantu melayani kebutuhan para pengungsi,” katanya.

Rumah Sehat BAZNAS memberikan layanan kesehatan secara terpadu kepada seluruh mustahik termasuk pelayanan kesehatan di daerah bencana yang meliputi aspek kuratif, preventif, rehabilitatif, promotif dan advokatif serta mengikuti peraturan dan perundang-Undangan Kesehatan di Republik Indonesia.

Rumah Sehat BAZNAS merupakan salah satu program unggulan BAZNAS untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang layak tanpa dibebani biaya mahal. Layanan ini sekaligus dapat mencegah potensi kemiskinan baru yang ditimbulkan dari beban biaya kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat.
(Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos