728 x 90

PERUSAKAN MASJID DI SULAWESI UTARA BISA MENJADI BUKTI SIAPA SESUNGGUHNYA YANG RADIKAL DAN INTOLERAN DI NEGARA PANCASILA INI

PERUSAKAN MASJID DI SULAWESI UTARA BISA MENJADI BUKTI SIAPA SESUNGGUHNYA YANG RADIKAL DAN INTOLERAN DI NEGARA PANCASILA INI

Di negara yang mayoritas mutlak rakyatnya beragama Islam ini (87 persen), ternyata masih ada segelintir radikalis ekstrimis dan fundamentalis Kristen yang berani memancing emosi ummat Islam dengan melakukan perusakan terhadap Masjid di Perum Agape, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (29/1) kemarin. Memang di Minahasa Utara Sulawesi Utara, ummat Islam tergolong minoritas ditengah-tengah mayoritas Kristen. Tidak

Di negara yang mayoritas mutlak rakyatnya beragama Islam ini (87 persen), ternyata masih ada segelintir radikalis ekstrimis dan fundamentalis Kristen yang berani memancing emosi ummat Islam dengan melakukan perusakan terhadap Masjid di Perum Agape, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (29/1) kemarin.

Memang di Minahasa Utara Sulawesi Utara, ummat Islam tergolong minoritas ditengah-tengah mayoritas Kristen. Tidak dapat dibayangkan, seandainya dulu penjajah Belanda yang Kristen, misionarisnya berhasil mengkristenkan Indonesia, maka nasib ummat Islam akan tertindas ditengah-tengah mayoritas Kristen. Seperti di negara lain dimana ummat Islam minoritas, contohnya India, Myanmar, Filipina, Thailand, Israel dan lain lain.

Kasus di Minahasa Utara Sulawesi Utara bisa menjadi salah satu bukti penindasan mereka terhadap umat Islam yang minoritas ditengah-tengah Kristen yang mayoritas.

Berikut ini pernyataan keras dan tegas dari Wakil Ketua Komisi Hukum MUI Pusat, Irjen Pol Purn KH Anton Tabah Digdoyo yang berkaitan perusakan Masjid di Minahasa Utara Sulawesi Utara tersebut :

Dari kasus tersebut mestinya membuka mata Pemerintah, siapa sedungguhnya yang intoleran dan radikal di negara Pancasila ini. Sebab selama ini mereka selalu menuduh ummat Islam intoleran dan radikal. Padahal faktanya sebaliknya, siapa yang radikal dan siapa yang intoleran. Sedangkan selama ini ummat Islam dikenal sangat toleran. Buktinya, mereka merusak Masjid/ Mushola yg sangat diperlukan umat Islam di tempat tersebut.

Saya sering ditugasi MUI Pusat untuk menyelesaikan silang selisih rumah ibadah di berbagai daerah, sering menemukan masalah komunikasi antar umat beragama. Cobalah dibangun komunikasi yang lebih intens dan lebih hidup.

SKB Tiga Menteri yang mengatur Pendirian Rumah Ibadah dengan tanda tangan minimal 60 orang warga sekitar tidak kaku. Kalau memang di sekitar tempat tersebut belum ada rumah ibadah padahal sangat dibutuhkan oleh warga setempat, maka dengan tanda tangan warga setempat bisa jadi bahan pertimbangan.

Kasus perusakan Masjid di Perum Agape Minahasa Utara Sulawesi Utara itu, penyelesaiannya bisa difasilitasi tokoh tokoh di Minahasa Utara dengan hasil yang terukur, sebagaimana yang pernah saya lakukan ketika menangani kasus pembakaran Masjid Tolikara di Papua beberapa tahun lalu.

Adapun hasilnya antara lain:

  1. Tokoh tokoh Kristen setempat marah atau mengutuk keras perusakan Masjid Tolikara tersebut.
  2. Mereka minta agar Pemda Kabupaten Tolikara segera menerbitkan ijin pendirian Masjid Tolikara karena sangat diperlukan umat Islam di Tolikara.
  3. Mereka bersedia mengganti rugi kerusakan dan akan membantu kelancaran pembangunan Masjid Tolikara.

Alhamdulillah, tidak sampai sebulan, Tolikara sudah punya Masjid lagi dan lebih bagus lebih strategis.

Saya mendengar pada kasus perusakan Masjid di Minahasa Utara ini juga demikian, dimana tokoh tokoh Minahasa Utara sepakat menganti rugi dan membantu kelancaran pendirian kembali Masjid tersebut.

Sedangkan soal hukum terhadap pelaku perusakan, diserahkan kepada pihak yang berwajib yang kini beberapa pelakunya sudah ditangkap.

Saya mengingatkan semua warga Negara Indonesia tanpa kecuali, wajib melancarkan ibadah sesama WNI karena ini merupakan Amanah UUD 1945 dan Pancasila. Jangan hanya berteriak “Saya Pancasila”, tetapi nihil dari sifat sifat kelima sila Pancasila tersebut. (R)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos