728 x 90

Virus Corona Mulai Serbu Indonesia, BAZNAS dan FOZ Siap Menghadapinya

Virus Corona Mulai Serbu Indonesia, BAZNAS dan FOZ Siap Menghadapinya

Jakarta, Djakartatoday.com Setelah menginfeksi hampir 100.000 orang di lebih dari 60 negara di seluruh dunia, Virus Corona yang berasal dari China itu mulai menyerbu Indonesia, sebagaimana diumumkan Presiden Jokowi, Senin (2/3). Padahal selama ini Pemerintah selalu mengatakan Indonesia negara dengan zero Coronavirus. Untuk menanggapi pengumuman Presiden Jokowi tersebut, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Forum

Jakarta, Djakartatoday.com

Setelah menginfeksi hampir 100.000 orang di lebih dari 60 negara di seluruh dunia, Virus Corona yang berasal dari China itu mulai menyerbu Indonesia, sebagaimana diumumkan Presiden Jokowi, Senin (2/3). Padahal selama ini Pemerintah selalu mengatakan Indonesia negara dengan zero Coronavirus.

Untuk menanggapi pengumuman Presiden Jokowi tersebut, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Forum Zakat (FOZ) bersama BAZNAS seluruh Indonesia dan Lembaga Amil Zakat se-Indonesia membentuk Crisis Center untuk mencegah penyebaran COVID-19 atau virus corona, menyusul pengumuman pemerintah bahwa saat ini Indonesia sudah positif virus tersebut.

Koordinasi Crisis Center ini diharapkan dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak berwenang membantu mencegah penyebaran vrus corona terutama pada mustahik, kelompok-kelompok rentan serta seluruh jaringan organisasi pengelola zakat Indonesia.

Crisis Center ini juga diharapkan dapat membantu proses tanggap darurat akibat tersebarnya virus ini.

“BAZNAS juga berharap dengan pembentukan Crisis Center ini dapat menjadi jembatan layanan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi detail terkait pencegahan dan penanganan Virus Corona agar tidak menjadi epidemi di Indonesia,” kata Arifin Purwakananta di Jakarta, Senin (2/3).

Arifin mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak merasa khawatir berlebihan menghadapi merebaknya virus ini. Namun demikian, Arifin juga meminta masyarakat untuk waspada dengan cara terus mengikuti langkah-langkah pencegahan yang disampaikan pemerintah dan ahli medis.

Virus ini menyerang orang dengan daya tahan tubuh rendah sehingga BAZNAS makin mengintensifkan program kesehatan, terutama melalui program-program Rumah Sehat BAZNAS (RSB).
Sebelumnya, BAZNAS dan FOZ  juga sudah melakukan bantuan reaksi cepat untuk corona dengan program pembagian masker dan program promosi kesehatan, serta berbagai kegiatan preventif terhadap virus corona.

Bambang Suherman mengatakan, Crisis Center ini akan menggabungkan kekuatan BAZNAS, LAZNAS, LAZ daerah dan komponen masyarakat zakat lainnya yang berada di bawah FOZ. FOZ akan mendukung dengan menggerakkan semua komponen LAZ di seluruh Indonesia.

BAZNAS dan LAZ berkomitmen untuk bersama-sama mencegah dan menanggulangi virus Corona melalui berbagai program yang dimiliki LAZ.

BAZNAS dan FOZ serta seluruh komponen lembaga zakat lainnya mengajak masyarakat untuk peduli dan menyalurkan bantuannya melalui rekening kemanusiaan yang disediakan oleh BAZNAS dan lembaga-lembaga Amil Zakat.
(Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos