728 x 90

Simposium World Zakat Forum Youth 2020 Diikuti 70 Tokoh Zakat Dari 16 Negara

Simposium World Zakat Forum Youth 2020 Diikuti 70 Tokoh Zakat Dari 16 Negara

Jakarta – Djakartatoday.Com Sebanyak 70 orang tokoh organisasi pengelola zakat dari 16 negara mengikuti Simposium Internasional World Zakat Forum Youth 2020 yg diadakan melalui Teleconference dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube BAZNAS TV, Ahad (17/5). Simposium yang berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (16/5) dan Ahad (17/5), resmi ditutup. Para delegasi sepakat merumuskan resolusi

Jakarta – Djakartatoday.Com

Sebanyak 70 orang tokoh organisasi pengelola zakat dari 16 negara mengikuti Simposium Internasional World Zakat Forum Youth 2020 yg diadakan melalui Teleconference dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube BAZNAS TV, Ahad (17/5).

Simposium yang berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (16/5) dan Ahad (17/5), resmi ditutup. Para delegasi sepakat merumuskan resolusi dari tema yang diangkat yakni “The Role of Millennials in The Global Zakat Movement”.

Ada empat resolusi yg mengarah pada pembentukan organisasi kepemudaan WZF atau WZF Youth sebagai wadah para amil zakat muda profesional dari seluruh dunia yg menjadi bagian dalam gerakan memaksimalkan potensi zakat global.

“Sekretariat World Zakat Forum (WZF) telah mempelopori Simposium WZF Youth 2020 untuk pertama kalinya sebagai upaya untuk mensinergikan kelompok amil muda dari seluruh penjuru dunia. Hal ini juga telah mendapatkan persetujuan dari Sekjen dan Deputi Sekjen WZF,” ujar Irfan Syauqi Beik, delegasi Indonesia utusan dari BAZNAS.

Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, lanjut Irfan, simposium WZF Youth telah menjadi bagian dari sejarah, yang digelar secara online dengan diikuti sekitar 70 delegasi muda dari 16 negara anggota WZF.

“Simposium ini menjadi tanda potensi anak Amil zakat muda profesional di seluruh dunia dapat terlibat dalam gerakan nyata zakat global,” ujar Irfan.

Resolusi ini kemudian dibacakan oleh perwakilan delegasi Simposium WZF Youth 2020, Randi Swandaru yg juga dari BAZNAS.

Berikut ini Empat Resolusi Simposium International WZF Youth 2020:

Pertama, Mendesak pembentukan organisasi WZF Youth sebagai landasan hukum bagi para profesional muda untuk berbagi ide dan pengalaman mereka. Ini akan diinisiasi secara resmi dalam pertemuan tahunan WZF dan konferensi internasional mendatang.

Kedua, Mengusulkan pembentukan WZF Youth sebagai anak lembaga dari WZF yang bertujuan memperkuat peran dan jaringan amil muda profesional sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi zakat global.

Ketiga, Merekomendasikan posisi kepemimpinan sebagai wakil sekretaris jenderal WZF yang mewakili kelompok amil muda untuk mengakomodasi dinamika yang berkembang dari manajemen zakat di seluruh dunia.

Keempat, Meminta semua negara anggota WZF dan lembaga anggota untuk memperkuat peran zakat selama masa pandemi Covid-19 ini.

Pembacaan resolusi ini menjadi pengantar penutupan kegiatan Simposium International WZF Youth 2020 yang ditutup langsung oleh Sekjen WZF yg juga Ketua Umum BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA.

“Para pembicara terkemuka dan semua peserta telah membahas isu-isu relevan yang berkaitan dengan gerakan zakat oleh amil muda profesional, akademisi, peneliti, dan pemangku kepentingan kepemudaan lainnya. Pada akhirnya simposium ini menyepakati suatu deklarasi tentang pembentukan WZF Youth,” ungkapnya.

Untuk itu Bambang meminta kepada Sekretaris Eksekutif WZF, Irfan Syauqi Beik untuk mengatur proses adopsi secara resmi WZF Youth dalam pertemuan tahunan WZF tahun ini. Semoga proses adopsi akan disetujui dalam pertemuan tahunan nanti.

(Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos