728 x 90

Mahfud MD Melawan Rakyat Madura ?

Mahfud MD Melawan Rakyat Madura ?

Oleh: Zulkarnain El Madury (Ustadz asli Madura, tinggal di Bekasi) Rasa cinta dalam pandangan orang Madura adalah sehidup semati, lebih baik mati daripada hidup menanggung malu. Itu sudah menjadi prinsip rakyat Madura, sejak zaman dahulu kala. Ada pepatah Madura: lebih bagus poteh tolang etembeng poteh mata (lebih baik putih tulang daripada putih mata), atau mati

Oleh:

Zulkarnain El Madury

(Ustadz asli Madura, tinggal di Bekasi)

Rasa cinta dalam pandangan orang Madura adalah sehidup semati, lebih baik mati daripada hidup menanggung malu. Itu sudah menjadi prinsip rakyat Madura, sejak zaman dahulu kala.

Ada pepatah Madura: lebih bagus poteh tolang etembeng poteh mata (lebih baik putih tulang daripada putih mata), atau mati dalam tahanan. Ini menjadi semboyan orang Madura sejak dahulu kala, sejak nenek moyang orang qMadura. Mereka selalu mengasah dendam kesumat berabad-abad, sebelum melampiaskan dendam.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, budaya itu masih belum bergeser dari kondisi yang tercipta di desa-desa Madura.

Kalau orang Madura menyatakan cinta kepada seseorang, maka cintanya akan dibawa sampai mati, atau akan menebus cintanya dengan air mata dan darah. Itu orang Madura dalam perjalanan sejarahnya.

Damai tapi gersang, kegersangan itu selalu ada dalam damai yang tercipta. Terlalu banyak kisah-kisah menyedihkan karena merasa bahwa kedamaian itu sudah ada, padahal kedamaian yang seperti itu bisa menumpahkan amarah yang sudah lama terpendam. Itulah Madura

Sebenarnya Menko Polhukam Mahfud MD dulu pernah meraih cintanya orang Madura, sewaktu beliau diminta untuk menjadi Calon Wakil Presiden. Rakyat Madura ikut bangga dan bersiap-siap memenangkan Mahfud MD. Seharusnya ini dipelihara dan dijaga oleh Mahfud MD sebagai anak Madura yang mendapatkan cinta kasih dari orang Madura.

Tidak dinodai dengan hal-hal yang menyebabkan sakit hatinya orang Madura, karena sang kekasih yang diusik. Taruhlah, dalam hal ini adalah Habib Rizieq Syihab yang namanya cukup menggema diseluruh Madura. Mulai dari ujung timur Kabupaten Sumenep sampai ujung barat Kabupaten Bangkalan. Anda akan melihat berbagai gambar dan poster Habib Rizieq di desa desa yang terpencil itu. Sampai Masjid dan Mushola pun tidak lepas dari poster hHabib Rizieq.

Karena cintanya orang Madura ke Habib Rizieq, ketika merasa terganggu dengan ucapan yang menyinggung perasaan mereka sebagai pecinta Habib Rizieq, pasti akan mendidih darahnya dan apa saja bisa dilakukan oleh orang Madura.

Seharusnya Mahfud MD perlu menggunakan pesan dan wasiat orang dengan menjaga kepercayaan orang Madura. Yaitu bagaimana cara mendapatkan ikan dengan mudah tetapi tidak membuat keruh airnya. Semoga mengerti ya pak Mahfud MD !

(Redaktur: Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos