728 x 90

KRITIK TERHADAP HADITS WALI NIKAH

KRITIK TERHADAP HADITS WALI NIKAH

By : Ustadz UZEM Masalah Nikah adalah masalah sakral, bahkan harus dilakukan dengan sangat sakral. Tetapi tidak bermakna harus berlandaskan pada argumen yang lemah dari sisi pendalilan. Apalagi terkait dengan hukum Wali Nikah yang menjadi salah satu syarat, haruskah berangkat dari Hadits yang tidak kuat atau lemah atau dhoif?.  Disini perlu adanya kajian khusus terkait

By :

Ustadz UZEM

Masalah Nikah adalah masalah sakral, bahkan harus dilakukan dengan sangat sakral. Tetapi tidak bermakna harus berlandaskan pada argumen yang lemah dari sisi pendalilan. Apalagi terkait dengan hukum Wali Nikah yang menjadi salah satu syarat, haruskah berangkat dari Hadits yang tidak kuat atau lemah atau dhoif?. 

Disini perlu adanya kajian khusus terkait kedudukan Hadits Wali Nikah yang selama ini menjadi asas pernikahan, sekalipun dari sisi ilmu Hadits, tidak memungkinkan secara fiqhiyah bisa melahirkan hukum, melainkan sebatas pendapat belaka.

Materi Hadits Wali Nikah:

 لانِكاحَإلابوَلِيّ

Dari beberapa perawi pada level atas, menyebut nama-nama beberapa Sahabat  sebagai jalur dari Nabi. Diantaranya adalah:

1. Abdullah bin Abbas.

2 Aisyah istri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

3. Abu Musa Al Asy’ari.

4. Jabir bin Abdullah.

5. Abu Hurairah.

6. Syuraik bin Abdullah.

7.Abu Burdah. 

8.Imran bin Husein.

9.Abdullah bin Umar.

10.Abu Said Al Hudry.

Terdapat dalam berbagai  Kitab Hadits :

أخرجهأبوداود(٢٠٨٥)،والترمذي(١١٠١)، 

وابنماجه(١٨٨١)،

 وأحمد(١٩٥١٨)

سننالدارقطني٣٥١٤

السننالكبرىللبيهقي٧‏/١٠٨  •

  البزار(ت٢٩٢)

ابنحبان(ت٣٥٤)، 

الطبراني(ت٣٦٠)، 

المعجمالأوسط٥‏/٣٦٣

Komentar para Ulama terhadap jalur Perawi Hadits dari keseluruhan Hadits :

ابنحزم(ت٤٥٦)،المحلى١٠‏/١٨٤  •  موضوع

يحيىبنمعين(ت٢٣٢)،السننالصغيرللبيهقي٣‏/١٦  •  لايصح

يحيىبنمعين(ت٢٣٢)،السننالكبرىللبيهقي٧‏/١٠٧  •  منكر

الإمامأحمد(ت٢٤١)،شرحالزركشيعلىمختصرالخرقي٥‏/١٤  •  ليسبالقوي  •

أبوداود(ت٢٧٥)،سننأبيداود٢٠٨٥  •  سكتعنه[وقدقالفيرسالتهلأهلمكةكلماسكتعنهفهوصالح]

الطحاوي(ت٣٢١)،شرحمعانيالآثار٣‏/٩  •  منقطع  •

الطبراني(ت٣٦٠)،المعجمالأوسط٦‏/١٩٥  •  لميروهذاالحديثعنعطاءعنبنعباسإلانهاسبنقهم  •  

الطبراني(ت٣٦٠)،المعجمالأوسط٤‏/٨  •  لميروهعنابنالمباركعنخالدالحذاءإلاسهلبنعثمانعنالحجاجبنأرطاةعنعكرمةورواهالناسعنابنالمباركعنالحجاجبنأرطأة  •

الطبراني(ت٣٦٠)،المعجمالأوسط٨‏/٤٢  •  لميروهذاالحديثعنشريكإلاعليبنحجر

ابنعدي(ت٣٦٥)،الكاملفيالضعفاء١‏/٣٣٣  •  هذاالحديثمنحديثمطرفليسلهأصل،[فيه] أحمدبنمحمدبنالأزهرحدثبمناكير

ابنعدي(ت٣٦٥)،الكاملفيالضعفاء٧‏/١٠  •  الأصلفيهذاالحديثمرسل  •

ابنالقيسراني(ت٥٠٨)،ذخيرةالحفاظ٥‏/٢٦٨٤  •  [فيه] عبداللهالواقعيضعيفيرويالمقلوبات

ابنالقيسراني(ت٥٠٨)،ذخيرةالحفاظ٥‏/٢٦٨٥  •  [فيه] سليمانبنالفضلمنكرالحديث

ابنالجوزي(ت٥٩٧)،تنقيحالتحقيق٤‏/٢٩٤  •  [فيه] عديُّبنالفضلوعبداللهبنعثمانبنخثيملايحتجُّبهما. [وروي] منطريقآخر

محمدابنعبدالهادي(ت٧٤٤)،تنقيحالتحقيق٤‏/٢٩٤  •  [فيه] عديٌّبنالفضل: متروكٌوالصوابما[روي] عنابنعبَّاسموقوفًاً

الذهبي(ت٧٤٨)،ميزانالاعتدال٤‏/٣٦٠  •  [فيه] يحيىبنإبراهيمالسلميمنكرالحديث

Kesimpulannya adalah Hadits yang disandarkan kepada Nabi Muhammad dan para Sahabat ini semuanya bermasalah. Meskipun ada yang sengaja menshahikannnya.

Intinya tidak ada Hadits yang Shahih berkaitan dengan “Tidak sah nikah melainkan Wali”. 

Masalahnya adalah masalah besar, Mengapa kemudian seperti Imam Abu Hanifah yang menjadi mazhab utama sebelum munculnya mazhab mazhab dan lebih dekat kepada para Sahabat Nabi, tidak memasukkan Wali dalam Daftar Syarat Nikah. Karena ternyata semua Hadits yang meriwayatkan sahnya nikah dengan Wali termasuk Hadits Lemah (Dhoif) dan menjadi perbincangan serius di kalangan ulama Hadits. Ini membutuhkan kajian mendalam yang lebih komprehensif, sehingga meyakinkan bahwa Hadits dengan Wali itu memang Shahih dan bukan abal-abal.

Jadi kesimpulan akhir adalah Hadits Wali Nikah adalah Lemah (Dhoif).

(Redaktur: Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos