728 x 90

‘ADLOMATULLAH, KEBESARAN ALLAH SWT TAMPAK PADA CIPTAAN-NYA.

‘ADLOMATULLAH, KEBESARAN ALLAH SWT TAMPAK PADA CIPTAAN-NYA.

Oleh : M Sun’an Miskan (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta) Saya pribadi  sangat mendudukung terhadap materi penataran tentang Ilmu Pengetahuan Alam, bagian dari pembaharuan yang dicanangkan KH Ahmad Dahlan.  Disaat orang mengharamkan tulisan latin,belajar ilmu umum, khususnya ilmu hitung dan ilmu alam, Kiai justru mewajibkannya. Mengapa ? Karena  dengan belajar ilmu hitung , maka kita dengan

Oleh :

M Sun’an Miskan

(Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta)

Saya pribadi  sangat mendudukung terhadap materi penataran tentang Ilmu Pengetahuan Alam, bagian dari pembaharuan yang dicanangkan KH Ahmad Dahlan. 

Disaat orang mengharamkan tulisan latin,belajar ilmu umum, khususnya ilmu hitung dan ilmu alam, Kiai justru mewajibkannya.

Mengapa ? Karena  dengan belajar ilmu hitung , maka kita dengan mudah dapat menghitung pembagian harta warisan. 

Dengan ilmu alam, khususnya Alam Semesta (Astronomi) dengan Anugrah-Nya yang bernama Bulan dan Matahari, kita dapat menentukan awal bulan Ramadlon dan akhirnya. Kita dapat menjalankan puasa dan merayakan ‘Idain berdasarkan hisab haqiqi wujudul hilal.

Firman Allah SWT dalam QS Yunus 5 :

هُوَالَّذِيجَعَلَالشَّمْسَضِيَاءًوَالْقَمَرَنُورًاوَقَدَّرَهُمَنَازِلَلِتَعْلَمُواعَدَدَالسِّنِينَوَالْحِسَابَۚمَاخَلَقَاللَّهُذَٰلِكَإِلَّابِالْحَقِّۚيُفَصِّلُالْآيَاتِلِقَوْمٍيَعْلَمُونَ﴿٥﴾

[10:5] Dialah yang menjadikan Matahari bersinar dan Bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.”

Dari kesimbangan semesta ‘alam, keteraturannya  dan keunikan susunan tubuh kita,maka kita juga dapat menghayati ‘Adlomatullah, kebesaran Allah Azza Wa Jalla lewat kedua ciptaan-Nya itu. Firman-Nya pada QS Fusshilat 65 :

سَنُرِيهِمْآيَاتِنَافِيالْآفَاقِوَفِيأَنْفُسِهِمْحَتَّىٰيَتَبَيَّنَلَهُمْأَنَّهُالْحَقُّۗأَوَلَمْيَكْفِبِرَبِّكَأَنَّهُعَلَىٰكُلِّشَيْءٍشَهِيدٌ﴿٥٣﴾

[41:53] “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu.”

Dari pemahaman di atas maka kedudukan  guru agama dan guru umum di perguruan  persyarikatan Muhammadiyah itu sama. Kedua-duanya guru Muhammadiyah yang wajib mengajarkan ilmu yang holistik, ilmu yang integrited antara ilmu umum dengan agama dan ilmu agama dengan umum. Diarahkan untuk menghayati keagungan Allah disegala ciptaan-Nya, untuk memperkokoh iman anak didik.

Tentu dengan majunya sekolah sekolah Muhammadiyah dan guru-gurunya yang bermutu dari sana Tajdid jilid II pembaharuan Muhammadiyah dapat dilaksanakan.

Diantara sasaran tajdid jilid II Muhammadiyah abad kedua  ini ialah bagaimana SDM negeri ini meningkat mutunya. Agar mampu bersaing di tengah percaturan abad globalisasi ini.

Mutu SDM negeri ini di thn 2019 masih berada pada peringkat 111 dari 189 negara. Artinya kita masih ketinggalan dibanding negara lain di dunia. Kita sama dengan negara Samoa. Sementara itu Angka Harapan Hidup kita kalah dengan Samoa. Angka Harapan Hidup Samoa 73,2 tahun, sedangkan kita 71,5 tahun. Tentu tidak dapat kita bandingkan dengan Hongkong negeri yang harapan hidupnya tertinggi di dunia yaitu 85 tahun. 

Sementara itu doktrin Al Qur’an dan Al-Hadistnya di tangan ummat Islam, bahwa Mukmin yang kuwat itu lebih baik dari pada mukmin yang lemah.

Hadist Rasulullah SAW yang sering kita dengar dan mudah dihafal ialah :

اَلمُؤْمِنُالْقَوِىُّخَيْرٌوَاَحَبُّإلَىاللهِمِنَالْمُؤْمِنِالضَّعِيْفِ( رَوَاهُإبْنُمَاجَهعَنْأبِىهُرَيْرَةَ)

Al Mukmin Al Qowiy khoirun wa Ahabbu ilallah min Al Mukmin Ad Dho’if. (HR  Ibnu Majah dari Abu Hurairoh ).

Artinya :

“Mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah.”

Pada tahun 2015 lalu,  kita kenal ada istilah The Best Ten (sepuluh besar sekolah terbaik) di DKI Jakarta. PWM DKI berharap dengan penataran – penataran ini yang the best makin banyak. Paling tidak yang masih berperingkat the good dan ini rata rata sekolah SD,SMP.SMA Muhammadiyah se DKI Jakarta meningkat menjadi the better. Amiin.

Demikianlah, sambutan ini  disampaikan dan marilah  acara Bimtek ini secara resmi kita buka dengan membaca : 

بِسْمِاللّٰهِالرَّحْمٰنِالرَّحِيْمِ

والسلامعليكمورحمةاللهوبركاته

M.Sun’an Miskan

(Ketua PWM DKI)

Pidato sambutan Ketua PWM DKI pada acara Bimtek Penerapan STEM Berbasis Riset bagi Guru SD,SMP dan SMA Sekolah Muhammadiyah  DKI Jakarta tahun 2021, pada Senin, 11 Oktober 2021 di Leisure In Arion Hotel, jalan Pemuda Jaktim. 

(Redaktur: Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos