728 x 90

BAZNAS Siap Dirikan RSB Pada Ibukota Provinsi, Kabupaten & Kota se Indonesia

BAZNAS Siap Dirikan RSB Pada Ibukota Provinsi, Kabupaten & Kota se Indonesia

Makassar – Djakartatoday.com Kalau selama ini Rumah Sehat BAZNAS (RSB) hanya ada di Jakarta dan beberapa kota besar di pulau Jawa, maka dalam waktu dekat akan didirikan di setiap Ibukota Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia dengan dukungan Pemda setempat  dan BPJS Kesehatan. Demikian salah satu hasil rekomendasi dari Rakernas RSB 2021 yg digelar di

Makassar – Djakartatoday.com

Kalau selama ini Rumah Sehat BAZNAS (RSB) hanya ada di Jakarta dan beberapa kota besar di pulau Jawa, maka dalam waktu dekat akan didirikan di setiap Ibukota Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia dengan dukungan Pemda setempat  dan BPJS Kesehatan.

Demikian salah satu hasil rekomendasi dari Rakernas RSB 2021 yg digelar di Makassar.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dengan tema “Kemandirian, Pemerataan dan Digitalisasi RSB” tersebut diselenggarakan di Hotel Rinra, Makassar pada 18-20 Oktober 2021. 

Rakernas RSB 2021 dibuka oleh Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH, Noor Achmad, MA., dan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Kesra dan Keagamaan H. Suherman, Wakil Ketua BAZNAS RI Mo Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan MA, Kepala Divisi Pendistribusian Ahmad Fikri, Manajer Sosial Farid Septian, Kepala Program Rumah Sehat BAZNAS RI dr. Reza Ramdhoni, serta Deputi Direksi Bidang JPKP dr. Ari Dwi Aryani, M.KM. 

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kami buka Rakernas RSB ini, semoga hasil dari Rakernas ini menghasilkan rekomendasi-rekomendasi khusus untuk pengembangan RSB ke depan,” ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH, Noor Achmad, MA.

Menurut Prof Noor kegiatan ini juga mendukung empat program penguatan BAZNAS di seluruh Indonesia, yakni penguatan kelembagaan, manajemen dan Organisasi, penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan sarana dan prasarana, serta penguatan jaringan. 

“RSB dengan banyak produk kesehatan, saat ini sangat dibutuhkan di masa pandemi. RSB juga diharapkan dapat mendukung perhimpunan ZIS BAZNAS, begitu juga untuk dana corporate social responsibility (CSR) dari berbagai mitra BAZNAS untuk dialokasikan sebagai donasi pendukung program-program kesehatan yang diusung oleh Rumah Sehat BAZNAS.” jelasnya. 

Adapun untuk program pengembangan RSB di berbagai daerah, Prof Noor mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah setempat dan juga kerja sama dengan BPJS kesehatan. 

“Di masa pandemi ini, kebutuhan layanan kesehatan dari mustahik yang semakin tinggi tentu saja harus diimbangi dengan semakin banyaknya kemampuan BAZNAS untuk memfasilitasi layanan kesehatan. Oleh karena itu, berdirinya Rumah Sehat BAZNAS di seluruh provinsi dan daerah akan menjadi isu utama yang akan dibahas di Rakernas untuk mematangkan standar pedoman pendirian Rumah Sehat BAZNAS,” urainya. 

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Kesra dan Keagamaan H. Suherman menyampaikan apresiasi serta menyambut baik terhadap Rakernas RSB yang diselenggarakan di Makassar ini. 

“Atas nama pemerintah Sulawesi Selatan, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BAZNAS yang secara terus menerus melayani umat terutama dalam membangun sinergitas program pelayanan kesehatan secara terpadu kepada mustahik, salah satunya melalui RSB yang merupakan wujud bagi pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang kurang mampu,” kata Suherman. 

Ke depan, ia berharap, BAZNAS dan Pemerintah Sulsel dapat terus melakukan kerja sama di berbagai program, dan kedepan RSB dapat terus dikembangkan di berbagai daerah. Tak lupa, Suherman juga mengingatkan agar setiap kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan guna mengurangi penyebaran virus Covid-19. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Program Rumah Sehat BAZNAS RI dr. Reza Ramdhoni menjelaskan, Rakernas RSB 2021 akan membahas  program, kegiatan dan anggaran tahun dan IKK 2021, menyusun pedoman pendirian RSB, menyusun simulasi kemandirian RSB serta menyusun rencana workshop RSB. 

“Kegiatan ini dihadiri oleh 26 tim RSB, 12 perwakilan BAZNAS RI, serta 11 perwakilan BAZNAS daerah dan provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Kami berharap Rakernas 2021 dapat berjalan dengan lancar dan mendapat berkah dari Allah SWT,” kata Dokter Reza.

(Redaktur: Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos