728 x 90

Meneladani Rasulullah SAW Melalui Zakat

Meneladani Rasulullah SAW Melalui Zakat

Jakarta – Djakartatoday.com Dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H,  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama dengan PT Pos Indonesia menyelenggarakan Webinar dengan tema “Meneladani Rasulullah SAW Melalui Zakat”, Kamis kemarin (14/10). Webinar tersebut dibuka  Pimpinan BAZNAS  Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si. Turut hadir sebagai pembicara Kepala Proyek Pengembangan Bisnis Syariah PT Pos Indonesia (Persero) Awan Rusniawan

Jakarta – Djakartatoday.com

Dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H,  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama dengan PT Pos Indonesia menyelenggarakan Webinar dengan tema “Meneladani Rasulullah SAW Melalui Zakat”, Kamis kemarin (14/10).

Webinar tersebut dibuka  Pimpinan BAZNAS  Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si. Turut hadir sebagai pembicara Kepala Proyek Pengembangan Bisnis Syariah PT Pos Indonesia (Persero) Awan Rusniawan serta Wakil Direktur Puskas BAZNAS Dr. Muhammad Choirin, LC., MA. Webinar diselenggarakan secara langsung melalui kanal YouTube BAZNAS TV.

Webinar ini juga merupakan salah satu kerjasama BAZNAS dan PT Pos Indonesia dalam rangka meningkatkan literasi zakat sehingga diharapkan mampu menumbuhkan motivasi dan kesadaran masyarakat untuk cinta zakat.

Dalam sambutannya, Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si menyampaikan bahwa perlunya setiap Muslim untuk menanamkan serta memupuk rasa cinta kepada Rasulullah SAW, salah satunya dengan menunaikan zakat.

“Kita sebagai Muslim hendaknya mendahulukan cinta kepada Allah dan Rasul. Melihat kembali sejarah Rasulullah SAW, mengungkap kembali perjuangan dan jihad, serta meneladani hal-hal yang menjadi kewajiban dalam Islam salah satunya dengan menunaikan rukun Islam yang ketiga,” jelas Rizaludin.

Melalui webinar ini, Rizaludin berharap, “Dengan adanya kecintaan kita kepada zakat, maka akan memupuk cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan ini menjadi amal ibadah dan bukti kecintaan kita kepada Rasul dan salah satu amanah Rasulullah SAW yang disauri tauladankan oleh Rasul agar kita terus berpegang pada Rukun Islam, yang salah satu di dalamnya adalah adanya kewajiban zakat.”

Sementara itu, Kepala Proyek Pengembangan Bisnis Syariah PT Pos Indonesia (Persero) Awan Rusniawan, dalam mendukung optimalisasi potensi zakat di Indonesia, BAZNAS dan PT Pos Indonesia bekerjasama dalam memberikan layanan kemudahan bagi masyarakat untuk menunaikan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui aplikasi Pospay dan kantor pos yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurutnya, beragam kemudahan layanan keuangan digital, dapat dinikmati pelanggan pengguna Pospay. Salah satunya transaksi layanan syariah seperti zakat, infak, sedekah, wakaf, dan kurban. Dengan Pospay, pelanggan juga dapat mengakses layanan Billing Payment terlengkap.

Pospay, kata dia, merupakan aplikasi smartphone bersistem Android dan iOS yang diberikan kepada pelanggan sebagai digital channel untuk mengakses layanan Giropos dan layanan transaksi keuangan lainnya secara mandiri.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Puskas BAZNAS Dr. Muhammad Choirin, LC., MA Menyampaikan materi terkait fikih zakat penghasilan dan zakat sebagai pengurang pajak.

“Segala jenis penghasilan yang didapatkan dengan cara-cara yang halal wajib dikeluarkan zakatnya kalau telah memenuhi persyaratan zakat. Kalau belum memenuhi maka keluarkan saja infaknya,” katanya.

Choirin menjelaskan, zakat yang dibayarkan kepada BAZNAS dapat dikurangkan pada penghasilan kena pajak sesuai dengan UU No.7 tahun 2000, PP No. 60 tahun 2010.

(Redaktur: Abdul Halim)

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos