728 x 90

BAZNAS Microfinance Desa Bantu Usaha Kecil Keluar dari Eksploitasi Rentenir

BAZNAS Microfinance Desa Bantu Usaha Kecil Keluar dari Eksploitasi Rentenir

Bukittinggi – Djakartatoday.com Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus memberikan upaya terbaik kepada para mitra mustahik pelaku usaha mikro di beberapa titik, salah satunya di wilayah Kecamatan Tarok Dipo, Bukittinggi, Sumatera Barat.  Salah satu yang dilakukan adalah pendampingan usaha agar dapat menjaga stabilitas usaha mitra mustahik dan lebih tanggap terhadap kebutuhan perkembangan usaha mitra. Permasalahan

Bukittinggi – Djakartatoday.com

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus memberikan upaya terbaik kepada para mitra mustahik pelaku usaha mikro di beberapa titik, salah satunya di wilayah Kecamatan Tarok Dipo, Bukittinggi, Sumatera Barat. 

Salah satu yang dilakukan adalah pendampingan usaha agar dapat menjaga stabilitas usaha mitra mustahik dan lebih tanggap terhadap kebutuhan perkembangan usaha mitra.

Permasalahan modal usaha usaha kerap menjadi hambatan bagi pelaku usaha mikro dalam menjalankan usaha. Kondisi para pelaku usaha mikro yang sulit mengakses fasilitas pinjaman permodalan lembaga keuangan membuat sebagian besar pelaku UMKM meminjam tambahan modal dari rentenir atau yang akrab disebut sebagai bank keliling dengan bunga yang relatif besar dan memberatkan.

Armanelis (47) salah seorang mitra BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Bukittinggi yang sehari-hari memiliki usaha lotek sebelumnya pernah terjerat pinjaman rente hingga mencapai 12 tempat yang berbeda, karena desakan ekonomi.

Semenjak mendapatkan pembiayaan tahap awal dari BAZNAS, usaha Armanelis perlahan semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan. Hingga dia berhasil melunasi pinjaman rente di 10 tempat.

“Ibu Armanelis sangat berkeinginan lepas dari seluruh pinjaman yang memberatkan, agar kondisi usaha bisa stabil”, kata Plt. Manajer BMD Bukittinggi, Rodi, saat mendengarkan informasi terkini kondisi usaha Armanelis.

BMD Bukittinggi merupakan program pemberdayaan ekonomi yang diinisiasi oleh BAZNAS untuk memberdayakan mitra mustahik pelaku usaha mikro. Selain memfasilitasi permodalan tanpa bunga, BMD juga memberikan pendampingan dan layanan pengembangan usaha. Saat ini telah ada lebih dari 431 mitra mustahik yang telah menjadi penerima manfaat sebagai mitra BMD Bukittinggi.

Redaktur: Abdul Halim

Penulis
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos